Kotamobagu

Mekal Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Mongondow

Foto : Kotamobaguonline.com

TOPIKBMR.CO,KOTAMOBAGU— Replika Rumah Adat Komalig, diharapkan bisa menjadi symbol kebangkitan budaya kemongondowan, ditengah perkembangan zaman modernisasi.

Untuk itu, generasi muda diajak dapat mempertahankan dan melestarikan adat istiadat dan budaya Bolaang Mongodow.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPRD Kotamobagu, Meiddy Makalalag, ST di sela acara peresmian Replika Rumah Adat Komalig, di Desa Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan, Senin (18/11/2019).

”Zaman boleh berubah, tetapi budaya dan kultur serta adat istiadat harus terus dilestarikan oleh kita selaku generasi muda,” ucap Mekal sapaan akrabnya.

Keberadaan Replika Komalig ini menurut Meiddy, akan menjadi salah satu wahana dan pusat penyebaran kebudayaan dan adat istiadat di Kotamobagu, khususnya kepada para generasi muda.

“Ini bisa mengenang dan mengangkat, serta menyebarkan kepada generasi muda kita saat ini, tentang adat istiadat juga kebudayaan, yang mulai hilang tergerus zaman,” tambahnya.

Untuk itu, Ia pun memberikan apresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah Desa Kopandakan I, atas diresmikannya replika Rumah Adat Komalig di kompleks lapangan desa tersebut.

“Yang pertama dan terpenting adalah, Ini perlu kita syukuri, bahwa hari ini di Kopandakan I, lewat tokoh masyarakat dan budaya yang ada disini, yang mengerti dan memahami masalah budaya, mulai menghidupkan kembali adat isitadat dan budaya, dengan dibangunnya replika rumah adat Komalig ini,” pungkasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top