Boltim

Masuk Zona Merah, 78 Koperasi di Boltim Terancam Dibekukan 

topikbmr.co BOLTIM – 78 Koperasi  ada di Kabupaten Boltim yang tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) masuk zona merah.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindgkop dan UKM), Jantra Damopolii. Dikatakan, dari 122 koperasi di Boltim 78 diantaranya masuk zona merah.

“78 koperasi yang masuk zona merah disebabkan tidak melaksanakan RAT selama lima tahun. Dua tahun berturut-turut saja tidak melaksanakan RAT sudah dijatuhkan sanksi,” ungkap Jantra. Kamis (18/7/2019)

Lanjutnya juga, setiap tahun pihaknya mengusulkan pembekuan terhadap koperasi yang tidak kooperatif.

“Tahun lalu ada 15 koperasi. Dan yang disetujui oleh Kementerian Koperasi lima koperasi resmi dibekukan,” ungkapnya

Ia juga menjelaskan, meskipun izin belum dicabut, namun koperasi yang dibekukan tidak bisa beroperasi.

“Memang izin belum dicabut, karena prosesnya panjang. Sebelum pencabutan izin, kita bentuk tim untuk mengkaji koperasi yang telah dibekukan. Nanti kita telusuri apakah koperasi bersangkutan ada hutang-piutang atau tidak dan menjumlah total aset,” urainya

Sementara, lima  koperasi yang sudah dibekukan 2017. Sudah menyurati terkait pembubaran koperasi. Dibubarkan namun belum izin belum dicabut, terangnya

Ia juga menambahkan, saat ini 22 koperasi tercatat masih aktif beroperasi. “Ada ketambahan dua koperasi tahun ini. Sehingga, total koperasi aktif ada 22 koperasi,” tutupnya. (Iki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top