Manajemen RSUD Kotamobagu Tegaskan Jika Tak Ada Pungli di Pintu Masuk Portal

0

TOPIKBMR.NEWS KOTAMOBAGU – Belum lama ini ada pemberitaan tentang dugaan pungli di portal parkir Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu.

Hal itu dikarenakan adanya keluhan sejumlah masyarakat akan pelayanan portal parkir.

Berita yang beredar di media sosial itu menyebut jika petugas maupun pengelola portal parkir RSUD Kotamobagu melakukan pungutan liar (pungli).

Hal ini pun dibantah oleh pihak RSUD Kotamobagu yang menegaskan jika informasi tersebut bohong atau tidak benar.

Kepala Bagian Administrasi Umum, RSUD Kotamobagu, Feiby Simbuang, saat dihubungi kontras.co.id menjelaskan kronologi tentang portal parkir tersebut.

Feiby mengatakan, jika retribusi parkir yang diterapkan di area RSUD Kotamobagu sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2024.

“Pertama untuk besaran retribusi yang kami terapkan di RSUD Kotamobagu telah sesuai dengan perda nomor 1 tahun 2024, tentang pajak daerah dan retribusi daerah,” ungkap Feiby.

Ia menjelaskan, pengelolaan portal parkir diserahkan oleh Dinas Perhubungan Kotamobagu pada tanggal 30 November 2023 sesuai berita acara serah terima aset nomor: 003/setda-KK/500.a/XI/2023 dan mulai dioperasionalkan oleh RSUD Kotamobagu per 01 Desember 2023.

“Yang kedua portal parkir yang ada di RSUD Kotamobagu baru diserahkan pengelolaan dan assetnya dari Dinas Perhubungan kepada RSUD Kotamobagu pada akhir tahun 2023 kemarin. Sejak awal kami kelolah permasalahan antara tiket masuk dan tiket keluar tidak singkron memang terjadi, hal tersebut diakibatkan portal masuk RSUD Kotamobagu tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya karena pintu masuk RSUD Kotamobagu belum bisa dilalui oleh pengguna jalan,” ujar Feiby menjelaskan.

Sehingga itu lanjut Feiby, manajemen RSUD Kotamobagu mengalihkan sementara pintu masuk dengan menggunakan akses pintu keluar RSUD Kotamobagu.

“Manajemen RSUD Kotamobagu telah mengantisipasi hal tersebut, pintu masuk kami alihkan sementara dengan menggunakan akses pintu keluar RSUD Kotamobagu seperti yang kita ketahui bersama. Dan Untuk mengantisipasi permasalahan Tiket masuk dan keluar, kami sementara telah melakukan cetak tiket masuk secara manual agar bisa di gunakan untuk tiket keluar nanti,” ujarnya.

Selain itu juga kata Feiby, pihak RSUD Kotamobagu tengah berupaya memperbaiki infrastruktur sistem maupun sarana prasarana yang ada.

“Saat ini kami sedang mengupayakan untuk memperbaiki infrastruktur baik sistem maupun sarana prasarana. memfungsikan akses pintu keluar menjadi jalur pintu masuk dan terus berkoordinasi dengan team teknis (vendor) penyedia alat portal,” pungkasnya.***

Leave A Reply

Your email address will not be published.