Kepala Diskominfo Boltim Harap Jurnalis Harus Profesional

0

TOPIK BOLTIM – Pelatihan jurnalistik di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menuai tanggapan positif, selain oleh sejumlah peserta kegiatan ini di apresiasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatoka (Diskominfo) Boltim, Drs Hamdi Egam, yang juga sekaligus membuka jalanya kegiatan.

“Saya sanggat mengapresiasi kegiatan ini, karena dalam peningkatan kompetensi wartawan harus ada pelatihan agar berkompeten. makanya para wartawan media online patut meninggkatkan kualitasnya, agar mampu bersaing dikondisi saat ini. Seorang penulis harus mampu menulis, dan dikenal dengan tulisanya” ujar Egam.

Dirinya berharap, pada kesempatan yang digelar oleh wartawan media online bisa berdampak positif. Menurutnya, jurnalis harus berjiwa profesional, karena ini pekerjaan yang sangat mulia.

“Dulu ada beberapa media yang sengaja dibuat untuk memeras pejabat atau menyalah gunakan wewenang sebagai lembaga penyebar berita, namun saat ini tidak ada lagi. Perlu diperhatikan wartawan harus menjaga etika dan estetika, rapi, baik sopan dan berwawasan”, pintanya.

Sementara, Rikson Karundeng sebagai pematerienanggapi bahwa jurnalis adalah pekerjaan yang mulia dan pemberi informasi berita yang sesuai fakta.

“Berita harus sesuai kejadian, fakta dan benar nyatanya. sumber yang jelas, bukan Hoax, serta tulisan yang beretika sopan, memuat semua informasi. Dan rumusnya sesuai penulisan 5W 1H, piramida terbalik, singkat padat dan jelas,” jelas Rikson.

Kegiatan yang berlangsung tepatnya di Balai Pertemuan Desa Bulawan Induk, Kecamatan Kotabunan dihadiri tiga jurnalis senior sebagai narasumber yaitu Rikson Karundeng, Jurnalis Director Komunitas Penulis Mapatik, Andre Barahamin dan Kalfein Wuisan, penulis dan akademisi Unima sekaligus webmaster Mangunipost. (Rymo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.