Harga Bawang Putih di Pasar Boltim Tembus Rp70 Ribu

0

TopikBMR.Com BOLTIM – Harga Bawang Putih di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tembus Rp70.000 per kilogram. Harga ini, naik sejak tiga minggu lalu, dari Rp 45 ribu menjadi Rp70 ribu rupiah.

Bawang Putih dipasok dari Kotamobagu dan Manado, tiap minggu. Per karung diambil Rp 900 ribu lebih dengan berat 16 kilogram (Kg).

“Stok di Boltim kurang, jadi dibeli dari luar daerah. Kebutuhan dan permintaan tinggi jelang ramadan,” ungkap pedagang Barito, Yustian Kolopita (34). Rabu (22/5/2019)

Lanjutnya juga, hal ini, harus menjadi perhatian pemerintah daerah, untuk mengembangkan taman Bawang Putih di daerah Boltim. Agar petani ke depan bisa memasok ke pedagang, ungkapny

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Soetiono mengatakan, ada bantuan pusat untuk tanaman hortikultura jenis Bawang Putih.

“Rencananya kami akan kembangkan di wilayah Mooat, Modayag dan Modayag Barat seluas 150 hektar,” ujarnya

Lanjutnya, ada 42 kelompok di tiga daerah yang akan diberikan bibit bawah putih masing-masing tiga hektar. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, menjadi salah satu daerah di Sulawesi Utara, yang mendapat bantuan bawang putih dari pemerintah pusat, menuju swasemba 2019.

“Saya berharap program dan bantuan bawang putih, bisa berhasil di Boltim,” tutupnya. (Iki)

Leave A Reply

Your email address will not be published.