Boltim

Hadir di Rakornas, Sangadi Bongkudai Sampaikan Ini Kepada Menteri Desa PDTT

TopikBMR. Com BOLTIM – Rapat Koordinasi Nasional  diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri yang bertajuk Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, dihadiri sejumlah kepala Desa di Indonesia, bertempat di Econvention Build Ancol Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Rakor yang dihadiri oleh, Presiden Joko Widodo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo Menteri Keuangan Sri Mulyani , Menhankam Wiranto, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani.

Pada kesempatan tersebut, Delyanti Mamonto SE Kepala Desa Bongkuday Kabupaten Boltim, mendapatkan kesempatan mewakili kepala desa di Bolaang Mongondow Timur untuk menghadiri acara yang di selenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI tersebut, mendapat kesempatan untuk memberikan pertayaan pada Rakornas tersebut.

Dengan lantang Deyanti menyampaikan, pertama lewat momen ini saya meminta agar pembentukan BMR cepat terwujud.

Kedua, terkait kenaikan gaji apartur desa. Sebab desa bukan hanya merupakan objek tapi juga subjek pembangunan indonesia.

Ketiga, meminta petunjuk pak Menteri desa terkait penggunaan anggaran desa yang jika boleh di fokuskan ke pemberdayaan masyarakat atau membangun sumber daya manusia. (non fisik) tanpa mengesampingkan program fisik(skala prioritas).

Keempat, meminta untuk memperhatikan data base nasional yang selama 10 tahun tidak melakukan update data terutama terkait data penerima bantuan. Misalnya PKH Mereka yang menerima 10 tahun lalu, bisa jadi hari ini sudah ada perkembanganya secara ekonomi dan masih saja menikmati program tersebut. Yang harusnya sudah bukan lagi sebagai penerima, atau tidak lagi memenuhi syarat.

Kelima, terkait soal besaran pagu anggaran dana desa yang kurang sesuai, harusnya disesuaikan dengan jumlah penduduk, luas wilayah dan kebutuhan desa yang ada.

“Alhamdulillah saya bisa menyampaikan beberapa point tersebut secara langsung kepada bapak Menteri. Saya bersyukur apa yang disampaikan, mendapat respon positif dari Pemerintah Pusat, salah satunya Menteri desa, Eko Putro Sandjojo dan berjanji untuk menindak lanjuti apa menjadi pokok masalah di desa,” ungkap Delyanti melalui Via Seluler kepada TopikBMR. Com, Rabu (20/2/2019).

Reza Mamonto salah satu tokoh pemuda, mengapresiasi dan mensuport apa yang telah disampaikan oleh kepala desa Bongkudai saat mengikuti Rakornas di Jakarta.

“Kami berharap dibawah kepemimpinan Sangadi Dely desa kami jauh lebih baik lagi dan lebih maju dari desa-desa yang lain” tandasnya.

Diketahui, lima kepala desa Kepala Desa di Kabupaten Boltim yang mengikuti Rakornas tersebut, diantaranya Kades Sumberejo mercy rotinsulu, Kades Bongkudai Delyanti Mamonto SE, Kades Bongkudai Baru Gerol Kamu, Kades Motongkad Haris Mokoagow, dan Kades liberia Sudarno. (Ndet/Her)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top