Kotamobagu

Bumdes 15 Desa di Kotamobagu Mati Suri ?

TOPIKBMR.CO KOTAMOBAGU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemkot Kotamobagu, akan melakukan evaluasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang tersebar di 15 Desa di Kotamobagu.

Pasalnya, Bumdes yang dikelola oleh desa selama ini, dinilai mati suri.

Kepala PMD Usmar Mamonto mengatakan, BUMDes yang ada terbilang mati suri. Oleh karena itu, ini merupakan target program kita untuk bisa memaksimalkan BUMDes yang ada.

“BUMDes merupakan penyangga ekonomi di 15 desa di Kotamobagu,” kata Usmar.

Dijelaskan, langkah awal yang akan dilakukan, mulai dari memonitoring keberadaan BUMDes di tiap desa. Pihaknya akan melihat langsung dilapangan BUMDes yang sudah berkembang dan mana yang mempunyai kendala.

“BUMDes yang katakanlah mati suri,  kita akan liat dilapangan, apa yang menjadi kendala BUMDes tersebut. Selanjutnya kita akan memetakan masalah – masalah yang dihadapi. Sekaligus akan mencarikan dan memberikan solusi ke Pemerintah desa,” jelasnya.

Pada prinsipnya target kita adalah membuat BUMDes di desa tidak mati suri. Karena BUMDes merupakan ujung tombak perekonomian daerah.

“Insya’Allah, awal Febuari kita akan lakukan evaluasi. Mana BUMDes nya yang maju, tata lelolah nya berkembang dan sudah ada yang masuk di PAD desa, tentunya akan terus kita minta untuk dikembangkan,” tuturnya.

Diharapkan juga, ada objek – objek yang mampu dikembangkan oleh Pemerintah Desa.

“sehingga kita bisa arahkan sesuai dengan regulasi yang diatur dengan hasil kesehjateraan masyarkat di desa, ” tandasnya.  (##)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top