Kotamobagu

Bulan Ini, Ada Layanan Paspor Simpatik di Kantor Imigrasi Kotamobagu

TOPIK KOTAMOBAGU – Dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-69. Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kotamobagu membuka layanan Paspor simpatik.

Kepala Imigrasi Kotamobagu Joni Rumagit mengatakan, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pihak Imigrasi Kotamobagu menambah hari kerja hingga Sabtu, berlaku hanya bulan Januari 2019 ini.

“ Dalam rangka menyambut hari ke Imigrasi ke 69, khusus bulan Januari ini kita membuka pelayanan hingga hari Sabtu,”kata Joni, Sabtu (5/1/2019).

Dijelaskan Joni, untuk pelayanan hari Sabtu dikhususkan hanya permohonan paspor baru dan pergantian paspor. Sementara untuk paspor rusak atau hilang, perlu waktu lebih dan dilayani pada hari kerja seperti biasa.

“ Nah pengurusan paspor saat ini, sudah bisa dilakukan oleh masyarakat melalui via online. Hal ini dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan permohonan paspor. Selain itu, permohonan paspor di Imigrasi Kotamobagu tidak hanya untuk masyarakat BMR saja. Selama masih tercatat sebagai WNI bisa bermohon disini,selagi syarat administrasinya lengkap,”jelasnya.

Ditambahkan Joni, pada tahun 2018 kemarin, pihaknya telah menerbitkan sekira 1.403 Paspor, bagi warga di lima Kabupaten/Kota  di Bolaang Mongondow Raya (BMR), yang hendak bepergian ke luar Negeri. Dimana, warga yang bermohon juga bervariasi, seperti Paspor untuk keberangkatan haji, umroh dan wisata ke luar negeri.

“ Sebanyak 1.403 Paspor yang diterbitkan pada tahun 2018 kemarin. Jumlah tersebut tersebar di lima Kabupaten/Kota yang ada di BMR. Semuanya telah dirampungkan seratus persen,”terangnya.

Selain itu, dalam hal ini pelayanan kepada WNI dan WNA, pihaknya mengacu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian dan PP nomor 31 tahun 2013 tentang petunjuk pelaksanaan undang undang nomor 6 tentang keimigrasian serta melaksanakan peraturan Menkumham juga surat edaran Dirjen Imigrasi serta kebijakan pimpinan lainnya.

“ Di tahun 2019 ini, pihak Imigrasi Kotamobagu akan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”tandasnya. (FM)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top