Kotamobagu

BST Tahap I Selesai Disalurkan, Tahap II Dijadwalkan April

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU— Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kota Kotamobagu tahun 2021, masih sama dengan penyaluran di tahun 2020. Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kotamobagu Noval C Manoppo, bahwa penyaluran masih dilakukan di dua lokasi yakni kantor pos dan aula kantor Walikota Kotamobagu.

”Karena situasi masih dalam keadaan pandemi, tentu dengan dilakukannya penyaluran di dua tempat guna mengurangi kerumunan. Akan tetapi petugasnya tetap dari Kantor Pos. Untuk jadwal penerimaan digilir setiap Desa dan Kelurahan,” ungkap Noval.

Lanjut Noval, untuk BST tahap I, Januari hingga Maret telah selesai disalurkan. Sementara untuk tahap II masih menunggu.  “Karena penyalurannya per triwulan maka dijadwalkan sekitar bulan April. Untuk tahap pertama sudah selesai. Disalurkan sebanyak 5.438 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Nah, untuk penyaluran tahap dua, daftar penerima pada tahap pertama akan dilakukan verifikasi dan validasi kembali,” ungkapnya.

Untuk verifikasi dan validasi (Verval) data penerima, Noval mengatakan  akan dilakukan petugas pendamping lapangan. Dijadwalkan mereka (Petugas-red) masih akan mengikuti Bimtek yang diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi.

“Dengan adanya Petugas Verval diharapkan bantuan tepat sasaran. Karena data awal dari pihak pemerintah desa dan kelurahan masih akan diverifikasi dan validasi oleh petugas pendamping, hal ini untuk mengantisipasi adanya praktek kecurangan seperti data penerima manfaat yang tidak sesuai dengan kriteria,” tegasnya.

(Tri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top