Tokoh Lintas Agama di Kotamobagu Sepakat Tolak Radikalisme

0

topikbmr.co,KOTAMOBAGU— Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Diskusi Masalah Aktual, yang digelar di Sutan Raja Hotel Koamobagu, Kamis (03/10/2019).

Kegiatan yang digagas Sinode Gereja Masehi Injil di Bolaang Mongondow (GMIBM) ini, merupakan diskusi lintas agama tentang Radikalisme, Terorisme, Kemiskinan serta Lingkungan Hidup dari Perspektif Agama.

Nayodo dalam sambutannya, menyambut baik kegiatan yang sangat strategis ini.

“ Dalam upaya menangkal radikalisme yang terjadi di tanah air akhir-akhir ini, tentunya menjadi perhatian dan tangung jawab bersama. Olehnya selaku pemerintah tentunya kami sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan,” kata Nayodo di hadapan peserta Diskusi.

Oleh nya, melalui diskusi ini, Ia pun berharap akan menghasilkan sejumlah poin-poin untuk direkomendasi kepada pemerintah daerah, sebagai dasar upaya menangkal secara dini isu permasalahan yang marak terjadi akhir-akhir ini.

“Kadang terorisme dan radikalisme mengunakan agama sebagai senjata untuk menghancurkan tatanan kehidupan kita. Sehingga selaku pemerintah saya berharap ada rekomendasi yang lahir dari kegiatan ini untuk ditindaklanjuti, dan sebagai upaya mencegah hal-hal ini, selaku pemerintah kami juga siap memback up,” harapnya.

Senada, Ketua Sinode GMIBM, Pdt Cristine Raintama Pangulimang juga berharap melalui kegiatan ini, bisa menangkal sesegera mengkin segala persoalan yang menjadi topik pembahasan dalam diskusi.

“Kekerasan tidak mengenal agama, sehingga untuk menangkalnya kita masuk lewat agama. Sebab, setiap agama mempunyai nilai luhur, yang penuhi kasih, damai. Sebab bumi ini bumi kita bersama,”imbuhnya.

Kegiatan turut dihadiri Koordinator Jaringan Islam Antiradikalisme (JIAD) Gusdurian, Dr Denny Pinontoan pengamat kerukunan antar umat beragama serta sejumlah perwakilan organisasi keagamaan.(Wan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.