101 Pelajar SMPN 1 Kotamobagu Ikut Pelatihan Jurnalistik

0

topikbmr.co KOTAMOBAGU – Sebanyak 101 pelajar mengikuti pelatihan jurnalistik yang menjadi salah satu materi dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS) di SMP Negeri 1 Kotamobagu, Sabtu (14/9/2019).

Pengenalan sekaligus pembelajaran jurnalistik bagi kalangan murid sekolah menengah (SMP atau SMA/SMK) merupakan sebuah tawaran pilihan yang bijak dan cukup proporsional. Apalagi, jurnalistik dijadikan pembelajaran ekstrakulikuler, akan turut mendorong wawasan siswa.

Ini dikatakan penting, karena kehidupan manusia selalu bersinggungan dengan media. Murid sekolah tidak hanya diajari menerima informasi melalui media, namun juga dilatih atau diajarkan untuk memproduksi informasi, mengolah dan cara menyebarluaskan kepada publik.
Melalui pembelajaran dasar-dasar jurnalistik, para murid akan mengetahui dan memahami apa itu jurnalistik, sejarahnya, mulai dari media cetak, media elektronika hingga media internet yang semua produknya diproses melalui kegiatan jurnalistik.

Melalui pembelajaran awal ini selanjutnya akan menuntun para murid untuk memahami fungsi dan peran jurnalistik atau pers dalam artian secara luas.

Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 1 Kotamobagu, pendidikan jurnalistik direncanakan pihak sekolah untuk dijadikan pelajaran ekstrakulikuler.

Tujuannya, untuk menuntun para murid untuk memahami fungsi dan peran jurnalistik atau pers dalam artian secara luas, hingga cara menulis sebuah informasi atau berita meski hanya dalam lingkup sekolah.

Di pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS) yang digelar sejak Jumat (13/09/2019) kemarin, para siswa yang akan menjadi pengurus Osis di sekolah ini dibekali dengan pelajaran dasar-dasar jurnalistik.

101 siswa yang ikut kegiatan ini, terlihat antusias untuk mengetahui apa fungsi jurnalistik di kalangan siswa sekolah. (her)

Leave A Reply

Your email address will not be published.