2020, Pemdes Mo’onow Fokus Tingkatkan SDM dan UMKM Masyarakat

0

TOPIKBMR.CO BOLTIM – Tahun 2020 mendatang. Pemerintah Desa Mo’onow Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur fokus pembangunan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan ekonomi melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keseimbangan masyarakat khususnya di kedua bidang tersebut.

“Tahun lalu membangun jalan dan jembatan. Sekarang pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan, pengembangan ekonomi desa yang intinya menyangkut peningkatan kualitas masyarakat. Kita ingin fokus ke depan meningkatkan SDM, ekonomi berkembang, melalui pemberian bantuan kepada UMKM di desa,” ujarnya kepada TOPIKBMR.CO disela sela pelaksanaan jumabara selasa (15/10/2019).

Dikatakan,dengan infrastruktur yang sudah bagus, diharapkan produktivitas dan pendapatan naik.

“Desa harus lebih maju dan menarik sehingga tidak terjadi peningkatan pengangguran,” ujar indra.

“Tahun depan rencananya dibidang fisik hanya sekitar dua kegiatan dan di pemberdayaan sekitar delapan belas kegiatan termasuk pelatihan-pelatihan ” ungkapnya

Menurut Indra, dana desa bukan hanya untuk infrastruktur, tapi juga peningkatan produksi hasol pertanian yang bernilai tinggi, seperti cokelat, kopi.

Sehingga dana desa bisa dipakai untuk membeli bibit yang baik sehingga pendapatan masyarakat meningkat dan tidak meninggalkan desa. Ini yang dimaksudkan terjadi keseimbangan menyeluruh.

“Perlu menjaga keseimbangan dalam pembanguan disemua sektor. Makanya melalui program dari Kementrian Desa kami akan memanfaatkan dana desa sesuai dengan regulasi yang ada,” tandasnya. (Ndet)

Leave A Reply

Your email address will not be published.