Wawali Nayodo Ajak Masyarakat Kotamobagu Lestarikan Seni Budaya Daerah

0

TOPIKBMR.CO,KOTAMOBAGU— Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu menggelar kegiatan Seminar Budaya, Jumat (13/12/2019).

Kegiatan yang digelar di Restoran Lembah Bening Kotamobagu ini, di hadiri sekaligus dibuka secara resmi Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan SH, dan dihadiri para seniman dan budayawan Bolaang Mongondow.

Melalui sambutannya Nayodo mengatakan, pelestarian seni budaya daerah merupakan sebuah wujud, serta bentuk penghargaan akan kecintaan terhadap budaya warisan leluhur.

“Pelestarian adat, seni dan budaya ini, bukan hanya merupakan tanggungjawab dari pemerintah daerah saja, namun sangat membutuhkan adanya dukungan dari semua pihak. Termasuk para seniman, budayawan, maupun masyarakat pada umumnya yang ada di daerah ini,” ujar Nayodo.

Lebih lanjut dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di daerah ini, untuk bersama-sama giat dalam melestarikan budaya daerah, sekaligus menggali kembali berbagai seni dan budaya yang mungkin saja saat ini, sudah mulai dilupakan oleh para generasi muda.

“Upaya melestarikan seni dan budaya ini merupakan sebuah hal yang sangat penting. Karena selain warisan yang sangat berharga bagi para generasi yang akan datang, berbagai kebudayaan yang kita miliki, juga dapat menjadi ajang promosi daerah, sehingga saya sangat berharap agar kiranya melalui pelaksanaan seminar budaya pada pagi hari ini, akan ada keputusan-keputusan strategis dalam rangka revitalisasi seni dan budaya mongondow dalam rangka pelestarian nilai-nilai kearifan lokal,” ajak Nayodo.

Dalam kesempatan tersebut dirinya juga meminta pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kotamobagu, agar melakukan inventarisasi beberapa seni dan budaya mongondow yang saat ini sudah hampir punah.

“Kita akan perkenalkan dan pentaskan kembali seni budaya bolaang mongondow, sebagai upaya kita semua dalam melestarikan berbagai seni dan budaya yang ada di daerah ini,” tutupnya.(HM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.