Wali Kota Tatong Bara Hadiri Pencanangan Kampung Moderasi Beragama di Desa Sia

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, menghadiri kegiatan pencanangan Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Desa Sia, Kecamatan Kotamobagu Utara, pada Kamis (24/8/2023).

Dalam sambutannya, Wali Kota Tatong Bara menekankan pentingnya kampung moderasi beragama ini sebagai wujud nyata kerukunan antar umat beragama.

Tatong mengungkapkan bahwa Kota Kotamobagu telah dikenal sebagai salah satu dari 10 kota toleran di Indonesia, yang ditandai oleh dekatnya rumah ibadah berbagai agama dan kerukunan yang kuat.

“Pencanangan Kampung Moderasi Beragama ini bukan hanya tentang fisik gedung peribadatan atau perbedaan agama, tapi juga tentang bagaimana moderasi sejati merasuki pikiran setiap individu di masyarakat,” ungkap Tatong Bara.

Wali Kota juga berharap agar pencanangan Kampung Moderasi ini tidak hanya menjadi seremoni semata, tetapi juga menjadi pemicu perubahan pola pikir masyarakat Desa Sia.

Ia percaya bahwa kebijakan ini akan memancarkan sinar moderasi yang akan membawa perubahan positif ke seluruh Kota Kotamobagu.

Setelah acara, Kepala Desa Sia, Danly Sistrodiktromo, menyatakan apresiasi tinggi atas penunjukan desa mereka sebagai Kampung Moderasi Beragama oleh Wali Kota Tatong Bara.

Dia berharap agar Desa Sia terus beradaptasi dengan lingkungan yang beragam budaya dan beragama, serta membangun kerja sama yang harmonis di bidang keagamaan.

“Semoga Desa Sia akan menjadi contoh inspiratif bagi desa-desa lain di Kotamobagu dan bahkan di tingkat nasional,” ujar Danly.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh dan pejabat penting, termasuk Kakanwil Kemenag Sulut, Sarbin Sehe, Dandim 1303 Bolmong, Letkol Inf Topan Angker, unsur Forkopimda, Kakan Kemenag Kotamobagu Jamaluddin Lamato, Asisten I Nasli Paputungan, BKSUA, MUI Kotamobagu, pimpinan OPD, camat, lurah, kepala desa, dan tokoh agama. (Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.