Wali Kota Berharap STQH ke-6 Lahirkan Qori’ – Qori’ah dan Hafidz – Hafidzah Berkualitas

0

topikbmr.co, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, Rabu (6/3/2019) malam, membuka secara resmi pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-6 tingkat Kota Kotamobagu Tahun 2019.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari, terhitung mulai Rabu (6/3/2019) sampai Kamis (7/3/2019).

Dalam sambutannya Wali Kota Kotamobagu menyampaikan, kegiatan STQH yang dilaksanakan ini bukan hanya sebagai ajang perlombaan saja. Akan tetapi kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk dapat lebih mendalami arti dan makna kandungan kitab suci Al Qur’an serta sekaligus juga untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan serta pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci Al Qur’an.

“Kitab suci Al Qur’an adalah kalamullah yang diturunkan sebagai mukjizat kepada nabi besar Muhammad SAW, untuk menjadi pedoman hidup bagi umat manusia yang ingin mencapai kebahagiaan, baik kebahagiaan di dunia maupun kebahagiaan di akhirat,” ucap Wali Kota.

Lanjutnya, kitab suci Al Qur’an juga mengandung tentang nilai-nilai berhubungan dengan keimanan, syariat, akhlak serta peraturan-peraturan yang mengatur tentang tingkah laku serta tata cara hidup manusia untuk menjadikan sebagai pedoman, penjelasan dan pembeda antara yang benar dan yang salah.

“Meyakini kitab suci Al Qur’an sebagai wahyu Allah SWT yang disampaikan kepada nabi Muhammad SAW adalah salah satu dari rukun iman. Membaca kitab suci Al Qur’an sebagaimana yang diwahyukan Allah SWT kepada nabi besar Muhammad SAW adalah sebuah ibadah yang tentunya akan mendapat imbalan pahala tak hanya bagi yang membacanya saja namun juga bagi yang mendengarkannya,” tutur Wali Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota juga berharap agar melalui pelaksanaan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist tingkat Kotamobagu ini, akan melahirkan qori dan qoriah serta hafidz dan hafidzah yang berkualitas dan amanah serta akan mampu berprestasi dan membawa nama harum kotamobagu pada pelaksanaan musabaqah tilawatil qur’an tingkat provinsi sulawesi utara hingga ke tingkat nasional.

Diakhir sambutannya, Wali Kota juga mengucapkan atas nama pribadi dan seluruh jajaran pemerintah daerah Kotamobagu menyampaikan selamat mengikuti kegiatan seleksi tilawatil qur’an dan hadist ke-6 tingkat Kotamobagu tahun 2019.

“Bapak ibu sejak saya dilantik di periode pertama tahun 2013-2018, sudah menyiapkan guru-guru ngaji yang ditempatkan di desa dan kelurahan. Tidak berhenti untuk mengajar dalam sisi bacaan saja tetapi kualitas bacaan jauh lebih baik lagi. Dan insya Allah kita akan tingkatkan dan dilombakan antar sanggar pengajian untuk meningkatkan kualitas dan mutu dari bacaan dari seluruh anak-anak yang mengikuti pengajian di desa dan kelurahan. Insya Allah semua ini berjalan lancar dan hingga saat ini sudah kesekian kali kita mewisuda anak-anak kita,” ujarnya.

Wali Kota menambahkan, Insya Allah pada tahun 2019 ini, penerimaan anak-anak SMP sudah harus menyertakan sertifikat khotmil Alqur’an untuk tingkat SD yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP.

“Mohon dukungan bagi seluruh orang tua, untuk persiapan anak-anak didik kita. Agar mereka dapat menangkal perkembangan dunia saat ini dari sisi teknologi, arus globalisasi sehingga anak-anak kita tetap terjaga iman dan takwanya,” ajak Wali Kota.

Kegiatan pembukaan yang dilaksanakan di lapangan olahraga Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat tersebut, ikut dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Kotamobagu, unsur Forkopimda, Kepala Kemenag Kotamobagu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Ketua TP PKK, Ketua MUI Kotamobagu, Komisioner KPU Kotamobagu, para pejabat lingkungan Pemkot Kotamobagu, pengurus LPTQ Kotamobagu, para pimpinan ormas islam, sangadi dan lurah, serta mayarakat.

(Adve/guf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.