Revitalisasi Desa Adat 2019, Komalig Desa Kopandakan Jadi Pusat Kebudayaan

0

 

topikbmr.co KOTAMOBAGU- Pemerintah Pusat melalui Direktorat kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa dan tradisi serta Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan pembangunan rumah adat di Desa Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan.
Ditemui di kediamannya, Kamis (12/9/2019) Pemerhati Budaya Bolaang Mongondow, Sumitro Tegela, mengatakan pembangunan rumah adat ini merupakan program revitalisasi Desa Adat Tahun 2019.

“Program di kementerian itu ada dua, yakni pembangunan rumah adat dan sanggar tari dan semacamnya, dan memang pada waktu itu yang kita masukan program pembangunan rumah adat, alhamdulillah diterima,”ucap Tegela.

Disampaikannya, pembangunan rumah adat ini ditargetkan rampung pada bulan desember mendatang.

“Pembangunan saat ini sedang berlangsung, kita upayakan desember rampung. Bentuk dan motif rumah adatnya sendiri sebisa mungkin dibuat mirip dengan komalig, dan untuk bagian dalamnya akan kita hadirkan berbagai alat dan perlengkapan khas bolaang mongondow,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan adanya rumah adat ini Tegela berharap dapat menjadi sebuah sarana bagi generasi muda, untuk lebih mengenal adat dan budaya sebagai citra diri.

“Harapannya, agar generasi kita bisa lebih faham lagi tentang adat dan budaya bolaang mongondow, teruma o’adatan itu penting sekali dijaga dan dilestarikan sebagai citra diri, guna menepis krisis pengaruh budaya asing yang semakin kuat. Apalagi program pemerintah sekarang lebih kepada mempertahankan tradisi dan budaya, melalui revitalisasi desa adat,” pungkasnya. (Wan/her)

Leave A Reply

Your email address will not be published.