Pj Wali Kota Asripan Nani Terima Penghargaan dari Kemenpan RB

0

TOPIKBMR.NEWS, BALI – Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., hadir dalam acara RBXperience dan Penyerahan Hasil Evaluasi RB, AKIP, dan ZI Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Rabu 6 Desember 2023.

Acara prestisius ini, yang dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, mempertemukan para pemangku kepentingan untuk mengakui keberhasilan implementasi reformasi birokrasi di seluruh Indonesia.

Dalam pengumuman yang diadakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Pemerintah Kota Kotamobagu dipuji sebagai Instansi Pemerintah dengan Implementasi Reformasi Birokrasi (RB) Terbaik pada semua Tema Tahun 2023.

Penghargaan tersebut secara resmi diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Abdullah Azwar Anas, M.Si., kepada Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si.

Dalam pernyataannya, Pj. Wali Kota Kotamobagu menyampaikan rasa bangganya atas prestasi ini.

“Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Pemerintah Kota Kotamobagu dalam mengimplementasikan Reformasi Birokrasi Tematik pada semua tema. Kotamobagu turut berbangga karena menjadi satu-satunya Pemerintah daerah di Indonesia Timur dan di Sulawesi Utara yang mendapatkan penghargaan tersebut,” ungkap Dr. Asripan Nani.

Sementara itu, Andi Abasi S.T, Kabag Orpeg Pemerintah Kota Kotamobagu, mengatakan bahwa penilaian RB tahun 2023 melibatkan evaluasi RB tematik yang mencakup lima tema prioritas pemerintah, yaitu pengentasan kemiskinan, inflasi, investasi, digitalisasi pemerintahan, dan P3DN.

“Pemerintah Kota Kotamobagu telah menyusun rencana aksi tahun 2023 – 2024 dari masing-masing tema tersebut dengan melibatkan perangkat daerah terkait dan kemudian dievaluasi oleh Inspektorat daerah terkait implementasi dari rencana aksi tersebut. Hal ini menjadi bahan penilaian tim evaluator dari Kementerian PANRB,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, pimpinan lembaga tinggi negara, para kepala daerah, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Keberhasilan Pemerintah Kota Kotamobagu dalam mewujudkan reformasi birokrasi yang efektif diakui sebagai tonggak sejarah yang patut dicontoh oleh entitas pemerintahan lainnya di Indonesia. (tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.