Pemkab Boltim Giat Pemuhtahiran Data Kemiskinan

0

TOPIK BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan pemuhtahiran data kemiskinan, bertempat di kantor Bapelitbangda, Senin (14/1/2019). Sebelumnya, program dua tahun sekali tersebut mulai dilakukan pemuhtahiran pada tahun 2017- 2018 lalu.

Kegiatan yang dipimpin Wakil Bupati Boltim, Drs Rusdi Gumalangit, didampingi Kepala Bapelitbanngda Boltim, Ikhsan Pangalima dan dihadiri Pemerintah Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Boltim.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati memberikan apresiasinya terhadap peran pemerintah desa melakukan penanganan, dalam rangka menekan angka kemiskinan.

“Tentunya saya berikan apresiasi atas pemaparan beberapa desa yang mengalami perubahan pada masyarakat miskin didesanya,” kata Papa keken sapaan akrab Wakil Bupati.

Ia mengingatkan pemerintah desa agar terus melihat kondisi masyarakat serta dilakukan evaluasi dan intropeksi dalam penanganan kemisikinan.

“Kami ingatkan agar Pemerintah Desa tidak ada keterpihakan, terutama kepada Kepala desa yang baru terpilih agar selalu mengutamakan kebutuhan masyarakat, terpenting berperan untuk selalu melakukan evaluasi kondisi dimasyarakat dalam bentuk apapun,” tuturnya.

Sementara, Kepala Bapelitbangda melalui Kepala Bidang Pemerintahan Pembangunan Manusia (PPM) Nur Sugeha mengatakan, hasil kesepakatan dalam kegiatan tersebut pemerintah desa wajib memasukan laporan data hingga Februari mendatang.

“Nantinya setelah laporan pemuhtahiran data kemiskinan secara menyeluruh semua desa di masukan, kami akan mengundang instansi terkait untuk dilakukan verifikasi dan selanjutnya diserahkan kepada yang berwenang mengeluarkan rekapan,” jelasnya.

Adapun syarat kriteria diantaranya menyangkut kondisi bangunan, kondisi barang, sumber pendapatan dan kemampuam daya beli masyarakat yang tergolong tidak mampu. (Ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.