Pemdes di Boltim Akan Studi Komparansi di Lombok

0

TOPIKBMR,NEWS BOLTIM – Guna memaksimalkan potensi-potensi yang ada, pemerintah desa  (Pemdes) se Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dijadwalkan akan melakukan studi komparasi ke sejumlah daerah.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim Hendra Tangel kepada awak media, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 8 Agustus 2022.

“Iya dalam waktu dekat Pemdes akan melakukan study tiru ke beberapa daerah, yang sesuai dengan topografi atau kondisi masing-masing desanya,” ungkap Hendra.

Hendra menyebutkan, adapun sasaran studi komparasi berkaitan dengan desa wisata, desa digital dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

“Untuk desa-desa yang berada di wilayah pegunungan akan studi komparasi ke Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dimana, desa yang ada di kabupaten tersebut merupakan desa dengan BUMDES terbaik nasional. Selain itu, di sana ada juga desa yang sudah menjalankan  digitalisasi desa sehingga menjadi tujuan untuk studi komparasi nanti,” ungkapnya.

Sementara untuk desa-desa di pesisir lanjut Hendra, nantinya akan melakukan studi komparasi di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Sasarannya untuk studi tiru pengelolaan desa wisata, karena memang di sana terkenal dengan pengelolaan wisatanya,” ujarnya.

Hendra pun berharap, hal yang diperoleh lewat studi komparasi ini, nantinya mampu diaplikasikan secara maksimal oleh masing-masing pemdes ketika kembali dari studi, terutama terkait optimalisasi potensi-potensi yang ada di desanya masing-masing.

“Selama ini hanya bimtek, sehingga susah untuk pemerintah desa mengaplikasikan hasilnya ketika tidak ada contoh, sehingga mereka berangkat melakukan studi tiru ke daerah yang mirip topografi dengan desanya masing-masing,” ungkapnya.

“Untuk desa pegunungan akan berangkat tanggal 10 Agustus ke Kabupaten Bandung, menyusul desa pesisir pada tanggal 17 Agustus akan berangkat ke Lombok, Nusa Tenggara Barat,” sambungnya lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.