Pembangunan Infrastruktur di Desa Molobog Barat, Sangadi Akui Gunakan Pasir Pantai

0

TOPIKBMR.NEWS,BOLTIM Lukman Mamonto Kepala Desa Molobog Barat Kecamatan Motongkad,Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengakui jika pekerjaan pembangunan Infrastruktur yakni Talud di desa Molobog Barat menggunakan bahan material pasir pantai

Hal ini diungkapkan Lukman Mamonto kepada TopikBMR.News dikediamanya (02/11/2021) siang tadi.

Menurut Sangadi, membenarkan informasi yang beredar menyebutkan pekerjaan fisik di desa Molobog Barat, yang menggunakan bahan dari pasir pantai.

” Bahan material berupa pasir Pantai sudah sejak lama sering digunakan masyarakat Desa untuk keperluan pembangunan berupa pasangan batu (Talud). Bahkan ada beberapa talud yang kami bangun sejak lima tahun yang lalu menggunakan pasir pantai,dan sampai sekarang talud tersebut masih berdiri kokoh,” ungkap Lukman.

Selain itu, Lukman menjelaskan kami menggunakan bahan material berupa pasir pantai yang dicampur dengan pasir kali, khusus untuk pembuatan talud di desa kami, sebsb di desa kami tidak ada bahan material berupa pasir kali, ada bahanya tapi diadakan dari desa tetangga. Sehingga kami mencampurkan antara pasir kali dan pasir pantai untuk pembuatan talud yang Panjang volumenya sekitar 60 meter dan tinggi sekitar 2,5 meter, “bahkan ini sudah bertahun lamanya kami menggunakanya” terang Sangadi.

Dirinya menambahkan ada informasi yang sengaja disebarkan tanpa adanya konfirmasi, dan ini jelas saya merasa dirugikan apalagi informasi tersebut terkesan tendensi.

“Saya kaget saat membaca informasi di media sosial tentang pekerjaan fisik di desa saya, namun tanpa mengkonfirmasi dan ini jelas saya secara pribadi dirugikan. ,”katanya.

Senada dikatakan pelaksana kegiatan Irwan Mamonto, bahwa penggunaan bahan material dari pasir pantai bukanlah kali pertama kami gunakan untuk kegiatan fisik pasangan batu berupa pembuatan talud.

“Pasir pantai sudah sejak dulu kami jadikan pengganti pasir kali untuk bahan material apabila ada kegiatan sarpras yang tidak ada pasangan besi, karna memang apabila digunakan dalam bangunan  bisa mengakibatkan besi akan cepat berkarat, namun khususnya untuk pembuatan Talud kami sering menggunakan pasir pantai dan hasil bangunanya cukup kuat dan kokoh.itupun sebelum diaduk dengan semen, pasirnya terlebih dahulu kami siram dengan air tawar agar menghilangkan kandungan garam yang ada dalam pasir tersebut,” tandasnya. (Ndet)

Leave A Reply

Your email address will not be published.