Paripurna Penyampaian KUA PPAS Perubahan APBD 2022 Sukses Digelar DPRD Kotamobagu

0

TOPIKBMR,NEWS KOTAMOBAGU -DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kotamobagu, Jumat (23/9) menggelar rapat paripurna dengan agenda pembicaraan tingkat I penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan APBD Kotamobagu tahun 2022.

Paripurna yang berlangsung di ruang sidang gedung DPRD Kotamobagu tersebut, dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Syarifudin J Mokodongan yang didampingi Herdi Korompot.

Paripurna tersebut diawali dengan pembacaan surat masuk yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kotamobagu, Moch Agung Adati.

Lalu dilanjutkan dengan penyampaian draft KUA PPAS- Perubahan, pandangan fraksi serta tambahan penjelasan terhadap pandangan umum fraksi.

Saat membuka paripurna, Syarifudin menyampaikan, kebijakan umum perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2022 merupakan dasar untuk penyusunan rancangan Perubahan APBD.

Lanjutnya, perubahan APBD didasari berdasarkan perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD, keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar organisasi, perangkat daerah, antar kegiatan dan antar jenis belanja serta keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun anggaran sebelumnya harus digunakan untuk tahun berjalan, keadaan darurat dan keadaan luar biasa.

“Merujuk pada regulasi dan kondisi makro ekonomi yang terjadi di Kotamobagu, maka hari ini DPRD bersama pemerintah daerah menyelenggarakan rapat paripurna penyampaian KUA PPAS Perubahan, yamg menjadi dasar dan acuan terhadap penyusunan Ranperda tentang perubahan APBD tahun 2022,” ujarnya.

Sebelum menutup rapat paripurna, Syarifudin juga menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara.

“Mewakili DPRD Kota Kotamobagu, menyampaikan selamat hari ulang tahun provinsi Sulawesi Utara ke 58 tahun. Bangkit Bersama, Sejahtera Bersama,” katanya.

Adapun dalam pandangan umum terhadap draft KUA PPAS Perubahan, 5 fraksi yang ada di DPRD Kotamobagu, seluruhnya menerima dan menyetujui untuk dibahas ke tahap selanjutnya.

Sekadar informasi turut hadir dalam paripurna yakni Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, unsur Forkopimda, Sekda, para Asisten, Pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Sangadi se – Kota Kotamobagu.(Advertorial/

Leave A Reply

Your email address will not be published.