Motongkad Induk Kembangkan BUMDes Ikan Air Tawar 

0

topikbmr.co BOLTIM –  Guna memaksimalkan sektor pendapatan, Desa Motongkad Induk, Kecamatan Motongkad mengembangkan budidaya ikan air tawar yang dikelolah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pontokan.

Potensi Danau Ponotokan dimanfaatkan pemerintah desa untuk pembudidayaan beberapa jenis ikan air tawar. Pengelolah BUMDes, Boy Manoppo mengatakan, budidaya ikan air tawar menjadi salah satu pos pendapatan milik desa.

“Sudah beroperasi sejak awal tahun lalu. Hasil dari penjualan ikan menjadi pendapatan desa,” ungkap Boy. Rabu (10/7/2019)

Lanjutnya juga, beberapa jenis ikan air tawar kini tengah dibudidayakan. “Ada jenis Ikan Bobara, Bandeng dan lainya,” ungkapnya

Ia juga mengatakan, pengelolaan Danau Ponotokan oleh BUMDes menjadi penopang pemerintah desa.

“Kita maksimalkan pengelolaan BUMDes. Apalagi hasilnya kembali dinikmati masyarakat lewat pembangunan,” terangnya

Sementara itu, Sangadi Motongkad Induk Rahmat Mokoagow mengatakan, pengelolaan BUMDes merupakan tindaklanjut dari program pemerintah pusat melalui Dana Desa (Dandes).

“Selain adanya pembangunan lewat fisik juga ada pengembangan potensi desa lewat BUMDes. Hasil BUMDes menjadi pendapatan yang nantinya dikelolah berdasarkan ketentuan pengelolaan anggaran. Sehingga, pendapatan yang dihasilkan BUMDes bisa kembali dirasakan oleh masyarakat,” urainya

Ia juga menambahkan, pihaknya terus mendorong pengelolaan BUMDes agar maksimal. “Tinggal kita tingkatkan, karena potensi sudah ada, intinya tinggal kita kelolah dengan baik,” tutupnya. (Iki)

Leave A Reply

Your email address will not be published.