Kota Kotamobagu Terima Penghargaan Program Smart City Terbaik Tahun 2023

0

TOPIKBMR.NEWS, TANGGERANG – Kota Kotamobagu meraih prestasi gemilang dengan masuk dalam Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023 yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Kemendagri, Kemen PAN RB, dan Bappenas RI.

Penghargaan ini secara resmi diterima oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Kotamobagu, Moch Agung Adati, ST., M.Si., pada acara yang digelar di Nusantara Hall Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tanggerang, Provinsi Banten, Kamis, 7 Desember 2023.

Penghargaan ini menjadi bukti nyata atas komitmen Pemerintah Kota Kotamobagu dalam merangkul era digitalisasi dan mengembangkan konsep Smart City.

“Hari ini Pemerintah Kota Kotamobagu menerima penghargaan sebagai satu di antara 10 kota se-Indonesia yang masuk Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu, Mohammad Fahri Damopolii.

Fahri menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas prestasi Kota Kotamobagu yang berhasil masuk dalam 50 Kabupaten/Kota terbaik se-Indonesia yang terlibat dalam Program Gerakan Menuju Smart City 2023.

Salah satu pencapaian utama Kota Kotamobagu adalah penyusunan dokumen Masterplan Smart City, yang mencakup berbagai aspek kebijakan untuk implementasi Smart City di daerah tersebut.

“Smart City cakupannya cukup luas karena bersinggungan dengan 6 dimensi yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah. Mulai dari Smart Governance, Smart Branding, Smart Living, Smart Environment, Smart Economy maupun Smart Society,” jelas Fahri.

Fahri menambahkan bahwa Kota Kotamobagu telah memulai upaya untuk membangun pondasi Kota Cerdas ini secara bertahap, yang tercermin dalam dokumen masterplan Smart City.

Dengan penghargaan ini, diharapkan keterlibatan semua pihak, termasuk dukungan masyarakat, semakin terjamin dalam tahap implementasi.

Pemerintah Kota Kotamobagu berharap penghargaan ini akan menjadi dorongan positif bagi peningkatan kinerja seluruh jajaran Pemerintah Kota Kotamobagu di bawah kepemimpinan Penjabat Wali Kota.

Semangat menuju Kota Cerdas di Indonesia akan terus dikejar dengan kerjasama yang solid antara pemerintah, stakeholder, dan masyarakat. (tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.