KINALANG Solusi Keluhan Masyarakat Kotamobagu

0

TOPIKBMR.CO, KOTAMOBAGU- Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kotamobagu terus melakukan Inovasi di bidang informasi tekhnologi layanan publik.

Salah satunya Klinik Aspirasi dan Layanan Pengaduan (Kinalang) yang baru-baru ini digagas oleh Bidang Statistik Informasi Komunikasi Publik (SIKP) dan akan segera diluncurkan.

Menurut Kabid SIKP, Fahri Damopolii, Kinalang merupakan terobosan baru dalam sistem pelayanan publik yang lebih komprehensif dan terpadu.

“Jadi dengan adanya sistem ini masyarakat lebih dimudahkan untuk menyampaikan seluruh keluhan soal pelayanan yang dilaksanakan oleh Pemkot Kotamobagu melalui sistem teknologi informasi,” terang Fahri, Senin (25/11/2019) kemarin.

Dirinya menerangkan, bahwa sistem kerja Kinalang, mempunyai keistimewaan lebih jika dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya, yakni Sikemas. Dimana jangkuannya lebih luas dan dipermudah.

“Beda dengan Sikemas, yang hanya menggunakan aplikasi untuk pelaporan. Namun dengan Kinalang ini kami lebih mempermudah warga dalam memberikan laporan. Laporan dikirim lewat SMS, Facebook, Instagram, dan email kepada admin Kinalang,” ujarnya.

Selain itu lanjut Fahri, kelebihan lainya sistem ini, warga yang melapor dapat mentracking (pelacakan) perkembangan tindaklanjut dari laporan melalui website Kinalang.

“Jadi warga yang melapor, akan diberikan user id untuk bisa melihat perkembangan tindaklanjut dari laporan yang disampaikan,” ungkap Fahri.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Ir Tatong Bara dan Wakil Walikota Nayodo Koerniawan,SH serta Kepala Diskominfo, Ahmad Yani Umar selaku pimpinan, atas dukungan penuh yang telah diberikan sehingga keberhasilan atas sejumlah inovasi bisa terwujud.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Wali Kota Kotamobagu dan Wakil Wali Kota atas dukungannya serta Kadis Kominfo yang memberikan arahan selama proses pembuatan sistem Kinalang,” ucap Fahri.(HM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.