Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Qurban di Kotamobagu Terus Diawasi

0

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU – Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah, Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Kotamobagu terus melakukan pengawasan serta pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Kepala Bidang Peternakan, Samsul Hidayat Lasena, mengatakan terkait pengawasan kesehatan hewan kurban baik ternak sapi maupun kambing sudah dilakukan pihaknya jauh hari sebelumnya.

“Termasuk menyiapkan tim untuk melaksanakan pemantauan kantong-kantong ternak yang ada di seluruh wilayah Kota Kotamobagu, seperti pasar blante ternak sapi yang ada di Gogagoman dan pasar ternak kambing yang tersebar di sejumlah titik,” kata Samsul

Lanjutnya, untuk mempermudah proses pemantauan kesehatan hewan kurban, pihaknya juga telah melayangkan surat kepada seluruh lurah dan sangadi se-Kotamobagu.

“Kami juga sudah menyurat ke desa dan kelurahan yang ditandatangani bapak Sekda perihal permintaan data hewan kurban yang akan disembeli di masing-masing desa dan kelurahan, tujuannya agar mempermudah proses pemeriksaan kesehatan hewan yang akan disembeli pada hari raya kurban nanti. Jadi kami kantongi dulu data jumlah berapa hewan yang akan disembelih dan datanya itu kami tunggu paling lambat tanggal 19 Juli, sehari sebelum hari raya,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam pelaksaan pemeriksaan kesehatan hewan kurban tersebut, pihaknya melibatkan sejumlah unsur terkait.

“Selain di back-up dokter hewan, ada juga tim penyuluh di masing-masing wilayah yang akan membantu proses pemeriksaan hewan kurban nanti,” tandasnya.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.