Ini Kata Wakil Bupati Boltim Soal Pengawasan Orang Asing

0

topikbmr.co,BOLTIM- Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur Rusdi Gumalangit, menghadiri pengukuhan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) se-Kecamatan Kabupaten Boltim, yang digelar Imigrasi Kelas lll Non TPI Kotamobagu, Selasa (26/02/2019), di Aula Penginapan Safari Desa Tombolikat Induk.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Imigrasi Kotamobagu yang sudah bekerja sama, membentuk Timpora se Kecamatan di Boltim. Hal ini tentunya guna melakukan pengawasan orang asing yang masuk diwilayah Boltim,” kata Rusdi.

Menurut Rusdi, Orang asing jika masuk wilayah tentunya punya tujuan. Untuk itu pengawasan adalah tugas kita.

“kita harus pastikan apa tujuanya apa kerjanya, supaya jelas karena diwilayah kita termasuk banyak orang asing yang masuk, ini yang harus kita kroscek apakah punya dukumen yang jelas atau tidak. ini tanggung jawab kita saling mengkordinasikan,” ujarnya.

Apalagi lanjut Rusdi, apalagi dalam momentum Pilkada. Makanya perlu diawasi jangan sampai masuk dalam data penduduk di sini KTPnya.

“Dengan terbentuknya Timpora ini, agar lebih kuat kordinasinya pengawasanya, pada orang asing,” jelasnya.

Sementara itu, kata Kepala Kantor Imigrasi kelas III Kotamobagu Jonny Rumagit, Camat dan Sangadi/Kepala Desa harus tahu tentang penduduknya.

“Harus proaktif dalam pemgawasan orang asing, itu dibuktikan dengan KTP nya, dan saling koordinasi dengan instansi terkait tentang pelaporan data orang asing,” ungkapnya. (Gery)

Leave A Reply

Your email address will not be published.