Boltim

Hadir di Upacara Tulude, Begini Pesan Bupati Sehan Landjar Kepada Masyarakat Boltim

TopikBMR. Com
BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolmong Timur menghadiri upacara adat Tulude, digelar oleh masyarakat Nusa Utara yang menetap di Desa Dodap Kecamatan Tutuyan Kabupaten Boltim Jumat (8/2/2019).

Bupati Boltim, Sehan S Landjar, Wakil Bupati Boltim, Rusdi Gumalangit, Ketua TP- PKK Nursiwin Dunggio bersama Wakil Ketua TP-PKK Boltim dijemput dengan upacara adat masyarakat Nusa Utara dan selanjutnya digiring ke lokasi pelaksanaan upacara adat Tulude.

Dalam sambutannya, Bupati B Sehan Landjar  menyampaikan, kegiatan adat Tulede ini, sudah menjadi agenda tahunan di Kabupaten Boltim.

“Ini adalah agenda tahunan di Kabupaten Boltim. Selain itu,  di Boltim sendiri terdiri dari beberapa etnik, yakni suku Mongondow, Minahasa dan Nusa utara,” ujar Landjar.

Dikatakan Bupati, kegiatan adat Tulude selanjutnya akan ditata anggarannya lewat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

“Acara adat ini adalah bagian dari pada budaya daerah. Melalui Dispar anggarannya akan ditata,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga mengapresiasi acara adat Tulude yang dilaksanakan oleh masyarakat Nusa Utara.

“Atas nama pemerintah, saya memberikan apresiasi pada persiapan acara adat tulude ini, tidak mudah untuk mengemplementasikannya. Adat ini adalah untuk mengucap syukur kepada Tuhan YME, itu adalah tujuan dari pelaksanaan adat ini dan sesuai dengan nilai pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) tahun 1945,” imbuhnya.

Bupati dua periode ini berharap, setelah dilaksanakannya adat Tulude, masyarakat Boltim semakin kokoh membangun hubungan dengan pemerintah dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Boltim.

“Mempererat tali silaturahmi dan  persaudaraan,  meski tak saling kenal, namun jagalah hubungan dengan baik,  agar tidak saling memusuhi satu dan lainnya,”harap Bupati.

Ditambahkannya, upacara adat Tulude jangan hanya dijadikan seremoni saja dan jauh dari pada makna.

“Kita harus mengingat kekuasaan Tuhan, memohon ampun, memberikan kebaikan , dan memelihara hubungan antara sesama umat manusia,” tandasnya.

Diketahui, acara tersebut turut dihadiri oleh seluruh pejabat lingkup Boltim, sejumlah anggota DPRD Boltim, dan Ribuan masyarakat Nusa Utara bersama dengan para Camat dan Sangadi (Kepala Desa) se Boltim. (#)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top