DKP Kotamobagu Berdayakan Lima KRPL

0

TopikBMR,KOTAMOBAGU – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) memberdayakan lima Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk menggarap area pekarangan sebahai lahan produktif tanaman pangan. Kelima kelompok tersebut tersebar di lima kelurahan berbeda, yakni Matali, Pobundayan, Genggulang, Motoboi Besar dan Mogolaing.

Menurut Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Nulisa Pudul, dalam pemanfaatan pekarangan itu, kelima KRPL tersebut akan mendapatkan bantuan berupa benih pangan, pupuk dan polybag. “Pemanfaatan lahan pekarangan ini adalah untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan rumah tangga. Kita dorong kelompok-kelompok ini untuk kreatif dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah,” katanya.

Ia mengungkapkan, lahan pekarangan memiliki potensi besar untuk penanaman tanaman pangan. Selain bisa menjaga stabiltias pangan rumah tangga, hal itu juga bisa mendatangkan keuntungan tersendiri bagi masyarakat. “Dengan menanam di pekarangan berarti kita tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk kebutuhan pangan rumah tangga. Ini manfaat lainnya jika kita bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah,” ungkapnya.

(Tri)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.