Kotamobagu

Disdukcapil Kotamobagu Mobile Maksimalkan Administrasi Kependudukan

TOPIKBMR.CO, KOTAMOBAGU— Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu terus berinovasi guna meningkatkan pelayanan pengurusan berbagai dokumen administrasi kependudukan kepada masyarakat.

Menurut Kepala Disdukcapil Kotamobagu, Virginia Olii, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kependudukan, Miska Mokodompis, untuk tahun 2019 ini, ada kenaikan pengurusan sejumlah dokumen kependudukan jika dibandingkan dengan tahun 2018.

“Sesuai data kami per september 2019, pengurusan akta kelahiran dari 10.672 pada tahun 2018, naik menjadi 12.894 akta. Sedangkan untuk pengurusan akta kematian tahun 2018, dari 2.111 menjadi 2623 akta, data ini masih akan berubah mengingat sisa waktu 3 bulan hingga akhir tahun nanti,” ungkap Miska saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (05/11/2019) kemarin.

Meningkatnya pengurusan berbagai dokumen kependudukan ini lanjut Miska, tidak lepas dari pelayanan ekstra yang dilakukan pihaknya diluar pelayanan yang dilakukan di kantor.

“Untuk pelayanan bukan saja di kantor, namun kami jemput bola. Artinya pelayanan secara mobile ke berbagai tempat, baik itu di kantor camat, puskesmas hingga rumah sakit,” terangnya.

Lanjutnya, bahkan untuk mendukung  agar proses pengurusan dokumen lebih cepat selesai, saat ini sudah dibentuk sebuah group aplikasi Whatsapp (WA) yang diberi nama BOCA (Bobato-Disdukcapil).

“Sekarang sudah lebih gampang, karena bisa langsung dikomunikasikan lewat group WA dengan pimpinan wilayah, baik camat lurah maupun sangadi. Salah satu contoh untuk akta kematian, koordinasi yang cepat dengan lurah maupun sangadi, akta bisa cepat selesai sehingga bisa langsung diserahkan pada pihak keluarga saat penguburan,” tutupnya. (HM).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top