Desa Bilalang II Pimpin Klasemen Realisasi PBB, Bungko Jongkok

0

TOPIKBMR.CO, KOTAMOBAGU— Jelang tahun anggaran 2019 berakhir, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor penagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di 33 Desa/Kelurahan Se Kotamobagu terus dioptimalkan.

Menurut Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu, Inontat Makalalag, sesuai data rekapan realisasi PBB desa/kelurahan se Kotamobagu, pertanggal 25 November rata-rata diatas 60 persen dari pokok ketetapan.

“Sampai hari ini, realisasinya sudah diatas 60 persen masing-masing desa dan kelurahan. Bahkan untuk Desa Bilalang II sudah terealisasi 100 persen, disusul beberapa desa kelurahan yang juga sudah menyentuh angka 80 dan 90 persen,” ungkap Inontat, saat dikonfirmasi, Senin (25/11/2019).

Meski demikian dirinya juga mengakui, masih ada 1 desa yang capaian realisasinya masih jauh dibawah pokok ketetapan.

“Iya, untuk desa bungko sendiri realisasinya baru mencapai Rp. 46.350.435 dari target Rp. 142.885.156 atau 32,44 persen. Sehingga saat ini mereka tengah fokus melakukan penagihan,”ujarnya.

Lebih lanjut dirinya kembali menghimbau Lurah dan Sangadi untuk lebih memaksimalkan penagihan di wilayahnya masing-masing.

“Olehnya kami mengimbau agar lebih menggiatkan penagihan di lapangan, mengingat waktu untuk pencapaian target tinggal sebulan,” Imbuhnya.(HM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.