Kotamobagu

Damkar Kotamobagu Gelar Simulasi Penanggulangan Dini Kebakaran

TopikBMR.com

KOTAMOBAGU – Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kotamobagu menggelar sosialisasi dan simulasi kebakaran di Sekolah Dasar (SD) IT Anhal, Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Minggu (24/2/2019) kemarin.

Selain Damkar, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) Kotamobagu juga ikut melakukan sosialisasi dan simulasi dalam kegiatan tersebut.

“Jadi inti dari sosialisasi ini untuk pengenalan kepada anak-anak tentang peralatan pemadam kebakaran serta penanggulangan dini apabila terjadi kebakaran,” kata Kepala Bidang (Kabid) Damkar Kotamobagu, Erwin Sugeha, kepada topikbmr.co, Senin (25/2/2019).

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Erwin, pihaknya juga melakukan simulasi penanganan dini terhadap tabung gas elpiji ketika terkena api.

“Jadi tidak benar yang dikatakan bahwa tabung gas meledak diakibatkan percikan api. Nah, jika mendapatkan kejadian seperti ini jangan langsung panik, hanya regulatornya saja yang kita cabut, apinya langsung mati seperti yang kita contohkan kepada para siswa,” ujarnya.

Ditambahkannya, karena saat ini sudah memasuki musim kemarau, kemudian pada minggu ini sudah dua kali terjadi peristiwa kebakaran, maka dihimbau kepada masyarakat agar lebih waspada lagi saat meninggalkan rumah atau saat sedang memasak.

“Pastikan semua peralatan elektronik dan konfor gas dalam keadaan off atau mati.
Kemudian jangan membakar rumput dan bahan-bahan lain yang bisa memicu terjadinya kebakaran,” imbaunya.

Usai kegiatan sosialisasi dan simulasi, para siswa dan guru SD TI Anhal Kotamobagu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas Damkar dan BPBD Kotamobagu yang sudah memberikan pemaparan serta pemahaman terkait penanganan dan penanggulangan dini jika terjadi kebakaran. Selanjutnya para siswa memberikan ucapan selamat hari ulang tahun kepada korps pemadam kebakaran yang jatuh pada tanggal 1 Maret 2019.

“Keluarga besar SD IT Anhal Kotamobagu mengucapkan selamat ulang tahun pemadam kebakaran yang ke-100. Semoga tetap jaya. Damkar, damkar, jaya,” teriak para siswa.

(Gufran)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top