Kotamobagu

Bangunan Rampung, Pabrik Gula Semut Moyag Belum Beroperasi

TopikBMR.com

KOTAMOBAGU – Bangunan pabrik pengolahan Gula Semut yang terletak di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, sudah rampung dikerjakan.

“Pembangunan fasilitas pabrik gula semut sudah selesai. Tapi, untuk jaringan listrik belum terpasang dan permohonan pemasangan sudah kami ajukan di Kantor PLN. Saat ini kami baru sediakan genset untuk keperluan penerangan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Kotamobagu, Fadlun Paputungan, Senin (25/2/2019).

Di sisi lain, meski bangunannya sudah rampung, pabrik gula semut tersebut belum sepenuhnya beroperasi.

“Untuk pengelolaannya sudah diserahkan secara simbolis beberapa waktu lalu oleh Dinas Perindustrian kepada Pemerintah Desa Moyag untuk dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” kata Sekretaris Desa Moyag, Maskur Gumalangit.

Dijelaskannya, akses jalan menuju pabrik juga menjadi kendala saat ini. Sebab, jalanan masih banyak berbatu.

“Untuk itu, kami akan konsultasi ke pemerintah daerah Kotamobagu untuk pembangunan sarana jalan masuk menuju lokasi pabrik. Panjangnya kurang lebih 700 meter,” ujarnya.

Dirinya mengungkapkan, jika pabrik sudah mulai beroperasi akan sangat membantu para petani gula aren yang ada di Desa Moyag, karena sudah tidak jauh-jauh lagi memasarkan produk usaha gula aren atau gula semut.

“Dengan adanya pabrik ini petani gula aren atau gula semut akan lebih semangat memasarkan hasil olahannya,” ujarnya.

(Gufran)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top