Motoboi Kecil Jawara Pesona Monuntul Kotamobagu 2019

0

topikbmr.co, KOTAMOBAGU – Tim juri Festival Pesona Monuntul Kota Kotamobagu 2019, akhirnya mengumumkan pemenang lomba Monuntul desa dan kelurahan, Selasa (11/6/2019).

Dalam hasil penilaian lomba tersebut, tim juri yang beranggotakan tujuh orang mengeluarkan hasil nilai tertinggi dan memberikan juara pertama kepada Kelurahan Motoboi Kecil, juara 2 Desa Poyowa Besar I dan juara 3 Kelurahan Matali.

“Keluarnya Kelurahan Motoboi Kecil sebagai juara pertama berdasarkan penilaian yang kami ambil dari tiga kriteria yakni, tingkat partisipasi dan antusiasme masyarakat sebesar 40 persen, kemudian kreasi lampu hias listrik dan lampu botol (tuntul) 25 persen serta kratifitas dan keserasian dalam penataan tuntul dan lampu hias 35 persen,” kata ketua tim juri, Jainudin SP.

Dirinya menjelaskan, desa dan kelurahan yang mengikuti festival pesona monuntul banyak yang menghiasi lapangan dengan berbagai lampu hias dan tuntul, akan tetapi dalam penilaian tingkat partisipasi dan antusiasme masyarakat masih rendah.

“Ada beberapa desa dan kelurahan jika dilihat di satu titik pusat kegiatan Monuntul sangat cantik, indah serta tingkat kreasi yang tinggi. Tapi, saat tim juri menilai di lorong-lorong atau jalan lain di desa/kelurahan itu, tingkat partisipasi masyarakat sangat rendah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos) Setda Kotamobagu, Adin Mantali menyampaikan ucapan terima kasih terhadap desa dan kelurahan yang ikut berpartisipasi dalam festival pesona monuntul 2019.

“Selamat kepada kelurahan dan desa yang keluar sebagai juara. Semoga dengan kegiatan ini dapat memberi warna tersendiri sehingga kelestarian budaya tetap terjaga,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Kotamobagu menyiapkan uang tunai dengan total Rp82.500.000 dalam lomba festival pesona monuntul tahun 2019. Dengan estimasi untuk Juara 1 Rp25 juta, juara 2 Rp20 juta, juara 3 Rp15 juta, harapan 1 Rp10 juta, harapan 2 Rp7,5 juta dan harapan 3 Rp5 juta. (Gufran)

 

Berikut Hasil Penilaian Lomba Pesona Monuntul Kotamobagu Tahun 2019:

Juara 1 : Kelurahan Motoboi Kecil, total nilai =  883.05

Juara 2 : Desa Poyowa Besar 1, total nilai =    735,15

Juara 3 : Kelurahan Matali, total nilai = 726,20

Juara harapan 1 : Desa Tabang, total nilai = 710,85

Juara Harapan 2 : Kelurahan Mongkonai Barat, total nilai = 672,75

Juara Harapan 3 : Kelurahan Molinow, Total Nilai = 627,75

sumber: juri pesona monuntul

Leave A Reply

Your email address will not be published.