2023, 64 Desa di Boltim Gelar Pilsang

0

TOPIKBMR,NEWS BOLTIM –Sebanyak 64 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan menggelar pemilihan sangadi (Pilsang) pada tahun 2023 mendatang.

Menurut Hendra Tangel selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, pelaksanaan pilsang dijadwalkan digelar sekitar Maret atau April 2022.

“Saat ini kami tengah mempersiapkan perencanaan, mudah-mudahan pelaksanaannya Maret atau April tahun depan,” ujar Hendra, Senin 8 Agustus 2022 kemarin.

Hendra mengatakan, untuk tahapan akhir tahun ini sudah mulai berjalan, seperti perekrutan panitia pilsang.

“Yang jelas, teknis pelaksanaan pilsang kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana, tahun sebelumnya 1 desa 1 TPS, namun pilsang kali ini 1 desa akan dibagi dalam beberapa TPS sesuai jumlah pemilih,” ujarnya.

“Hal ini karena status  Pandemi Covid-19 belum dicabut, maka pelaksanaan disesuaikan dengan protokol kesehatan, yakni TPS harus diurai. 1 TPS maksimal diisi 500 pemilih,” sambungnya lagi.

Untuk diketahui, 64 Sangadi akan mengakhiri masa jabatan bulan desember akhir tahun ini, sehingga Pilsang dilaksanakan selambat-lambatnya awal tahun 2023.

Leave A Reply

Your email address will not be published.