15 Persen Progres Pembagunan Infrastruktur di Desa Bongkudai Barat

0

topikbmr.co BOLTIM – Pemerintah Desa Bongkudai Barat Kecamatan Modayag Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, merampungkan berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur fisik pembangunan jalan paving block serta drainase yang didanai dari anggaran dana desa (DD) 20 persen tahap satu.

Dari semua anggaran yang masuk di tahun 2019, pembangunan infrastruktur fisik baru menyelesaikan sekitar 15 persen kegiatan.

Sekretaris Desa Bongkudai Barat, Rendi Manoppo, ketika ditemui TopikBMR.Com, Ju’mat (17/05/2019), menuturkan, pembangunan infrastruktur fisik di Desa Bongkudai Barat yang didanai DD tahap satu sudah mencapai 20.

Menurut Rendi,kesuksesan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Desa Bongkudai Barat tidak terlepas dari dukungan dan campur tangan manusia semua pihak, termasuk pendamping desa serta antusiasme masyarakat dalam menyambut pembangunan yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama antara pemerintah desa dengan masyarakat, pembangunan di desa kami bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan. Harapan kedepan tentunya kami kembali melaksanakan amanah sesuai aturan perundang-undangan serta menjunjung tinggi kerukunan serta kebersamaan,” katanya.

Lebih lanjut Rendi mengungkapkan, pembangunan jangka panjang yang akan dilaksanakan di tahun 2019 masih akan fokuskan pada kegiatan pembangunan serta peningkatan sarana infrastruktur penunjang perekonomian masyarakat terlebih pembangunan yang saat ini sedang dibangun itu, adalah akses menuju ke tempat wisata permandian.

“Untuk tahun 2020 mendatang, anggaran Dana Desa akan kita realisasikan untuk penyertaan modal BUMDes serta pembangunan sarana infrastruktrur jalan yang ada di dua dusun. Diantaranya seperti pembangunan rabat beton di Dusun satu , lanjutan pembangunan jalan pertanian di Dusun 3 dan 4 yang menghubungkan Dusun tersebut serta akses jalan pertanian desa” katanya.

Rendi menambahkan, di wilayah Dusun satu, akan dialokasikan untuk pembangunan rabat beton jalan, rabat beton jalan lingkungan RT 01 dan 02.

Kepala Desa Bongkudai Barat, Hasmi Tololiu, kepada TopikBMR. Com Ju’mat (17/05/2019) di kantor desa Bongkudai barat mengatakan, untuk alokasi DD tahun 2019 yang akan datang, selain fokus terhadap pembangunan infrastruktur, pihaknya juga akan menganggarkan dana untuk penambahan modal BUMDes.

“Untuk meningkatkan serta memudahkan kebutuhan ekonomi masyarakat, kami memandang sangat dibutuhkannya penambahan modal BUMDes. Dalam hal ini, Bumdes Desa Bongkudai Barat akan membuka usaha penyaluran gas elpiji, serta pengembangan Tempat wisata permandian air panas karena nantinya ini akan menjadi aset serta pendapatan desa,”tandasnya. (Ndet)

Leave A Reply

Your email address will not be published.