Realisasi ADD Rendah, Dinas PMD Kotamobagu Minta Pemdes Wajib Proaktif

0
  • PTOPIKBMR.NEWS KOTAMOBNAGU – Hingga bulan Juli tahun anggaran 2024, serapan realisasi Alokasi Dana Desa (ADD) di 15 desa yang ada di Kota Kotamobagu, masih terbilang rendah dengan rata rata capaian realisasi dibawah angka 31 persen.

Dimana total pagu Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2024, kemudian dikucurkan untuk 15 desa sebesar Rp 40.459.644.900. Jika realisasi ADD tidak dipacu oleh Pemerintah desa, maka diperkirakan kegiatan bersumber dari ADD akan molor. Untuk itu Pemerintah desa diminta proaktif dalam memacu pengelolaan anggaran ADD.

Kepala Bidang Pemberdayaan, Keuangan dan Aset Desa Dinas PMD Kotamobagu, Fahrin Ambaru saat dikonfirmasi mengatakan, jika pihak Dinas PMD terus memantau dan mendorong optimalisasi penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) di seluruh Desa.

“Data per Juni menunjukkan realisasi ADD berkisar 20,7 persen hingga 31,6 persen. Meski masih di bawah 50 persen, angka ini menggambarkan proses perencanaan dan pelaksanaan program desa yang sedang berjalan,”ujarnya.

Diungkapkan Fahrin, kami memahami bahwa setiap desa memiliki dinamika dan tantangan sesuai karakteristik setempat, Namun kami optimis bahwa dengan upaya bersama, realisasi ADD akan meningkat signifikan di semester kedua.

“Fokus kami adalah memastikan setiap rupiah ADD digunakan secara efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, evaluasi dan monitoring juga dilaksanakan secara berkala untuk memastikan serapan anggaran sesuai dengan rencana penggunaan anggaran yang telah disusun diawal tahun,” ungkap Ambaru.

Selain itu, pihak Dinas PMD mengajak seluruh pemangku kepentingan, termasuk media dan masyarakat, untuk bersama-sama mengawal dan mendukung pembangunan desa yang ada di Kotamobagu .

Penulis : Herdy Mokoagow

Leave A Reply

Your email address will not be published.