Dinsos Gelar Bimtek Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

0

TOPIKBMR.CO, KOTAMOBAGU— Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kotamobagu, gelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) dan Soisalisasi Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang dilaksanakan di Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kamis (31/10/2019).

Kegiatan ini dibuka secara resmi Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kotamobagu, Teddy Makalalag menghadirkan pemateri dari Kementerian Sosial Republik Indonesia dan dikuti peserta diantaranya Fasilitator, Supervisior, Puskeoas Sistem Layanan Rujukan Terpadu dan Pemeriksa Data Tahun 2019 seta para Lurah Se Kotamobagu.
Asisten I Teddy Makalalag dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah telah menyelenggarakan berbagai program penyuluhan dengan skala nasional bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kementerian sosial telah menetapkan peraturan tentang kependudukan umum verifikasi dan validasi basis data terpadu, penanganan fakir miskin dan orang tak mampu yang telah tertuang dalam peraturan menteri sosial nomor 28 tahun 2019. Data yang telah terverifikasi dan divalidasi nantinya akan menjadi acuan yang akurat untuk memberikan bantuan, sehingga benar-benar tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sarida Mokoginta menambahkan Basis Data Terpadu (BDT) yang saat ini dikenal pula dengan DTKS adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untik rencana program serta identifikasi data penerima bansos, baik rumah tangga, keluarga, maupun individu berdasarkan kriteria sosial ekonomi yang ditetapkan oleh pelaksana program.

“Intinya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan, pengetahuan, dan keterampilan abgi para petugas verifikasi dan validasi basis data terpadu sehingga diharapkan bisa menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional,” imbuhnya. (HM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.