Berkah Dana Desa, Warga Moyag Tampoan Gotong Royong Bangun Irigasi

0

topikbmr.co KOTAMOBAGU – Program Padat Karya Tunai (PKT) yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, terlihat di Desa Moyag Tampoan Kecamatan Kotamobagu Timur Kota Kotamobagu.

Pantauan awak media, Selasa (24/9/2019), sekira 27 warga yang dilibatkan bergotong royong dalam pembangunan saluran Irigasi sepanjang 500 Meter, menggunakan sumber dana, Dana Desa tahun 2019 sebesar Rp 610.663.952, bertempat di Dusun III Desa Moyag Tampoan.

Kepala Desa Moyag Tampoan Halidun Tunggil mengatakan, pihaknya mempekerjakan puluhan warga dalam pembagunan Irigasi yang berfungsi mengairi sawah.

“ Kita mengajak warga untuk turut serta dalam pembangunan Irigasi. Hal ini bertujuang menyerap tenaga kerja serta mengurangi pengangguran di Desa,” ujar Halidun.

Halidun memastikan bahwa, seluruh pekerja yang dilibatkan pada pembangunan Irigasi dengan waktu 90 hari ini, merupakan warga Moyag Tampoan. Selain itu, pihaknya juga memberdayakan warga setempat untuk menyediakan bahan material seperti batu dan pasir.

Menurutnya, manfaat langsung dari program PKT  dari Dana Desa, selain membangun infrastruktur desa, juga menumbuhkan kesadaran warga guna membangun desa secara mandiri.

Sementara itu, Budianto Suwandi TPK Pembangunan Irigasi menambahkan, pekerjaan Irigasi ini untuk menyambung pembangunan irigasi yang dibangun beberapa waktu lalu, sumber dana dari Pemprov Sulut.

“ Nah, irigasi yang dibangun sebelumnya bantuan dari Pemprov Sulut, dibangun berada di hilir areal persawahan warga. Sementara di hulu yang merupakan aliran sumber air tidak dibangun. Maka dari itu diputuskan pembangunan irigasi sepanjang 500 meter ini, agar air mengalir ke sawah warga dari Hulu hingga ke hilir akan mengalir dengan lancar,” jelasnya.

Semoga dengan dibangunnya Irigasi ini, akan berdampak pada peningkatan hasil petani di Desa Moyag Tampoan. Karena air sebagai salah satu sumber yang sangat dibutuhkan oleh petani, alirannya sudah berjalan dengan baik ke sawah milik petani. (###)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.