Pemdes Bongkudai dan Pendamping Desa Pacu Penginputan Aplikasi Siskeudes

0

TOPIKBMR. COM BOLTIM – Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) bersama Pemerintah Desa Bongkudai Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Boltim, bersama-sama memacu penyelesaian penginputan kegiatan dalam aplikasi Siskeudes.

Hal ini dilakukan untuk penyelesaian Progam Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan kegiatan fisik maupun pemberdayan tahun anggaran 2019.

Dimana dalam tahap pengimputan aplikasi Siskeudes, untuk pengajuan pencairan Dana Desa Tahap I ( satu) tahun anggaran 2019, sudah mencapai 20 persen.

Sekretaris Desa Bongkudai Vicro Lamusu SE, mengatakan bahwa Desa sangat membutuhkan para pendamping untuk terus mendampingi mulai dari proses perencanaan sampai pada pelaksanaan kegiatan desa terutama dalam proses penginputan.

Terlebih ada benerapa regulasi yang baru terkait mekanisme baik itu Permen maupun Perbub. Sementara saat ini, pihaknya mendapat target oleh instansi terkait untuk segera merampungkan seluruh dokumen untuk prasayarat pencairan dana Desa 20 persen, tahap 1 di minggu pertama bulan April tahun ini.

” Pendamping Desa sangat membantu kerja kerja penyelesaian pelaksanaan program yang akan dijalankan. Apalagi saat ini banyak regulasi-regulasi baik itu dari pemerintah pusat yang melalui peraturan menteri (Permen) dan juga Kabupaten melalui peraturan Bupati (Perbub) yang harus ditaati” ujar Vicro sabtu, (30/3/2019) kepada TopikBMR.com .

Terpisah Zulfikar Gaib S. kg, salah satu Pendamping Desa wilayah Kecamatan Modayag Barat mengatakan, pendampingan sudah menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab,

“ Kami mengawal dan mendampingi Desa dengan tulus dan kasih. Meskipun Memang pendampinganya mulai pagi hari hingga larut malam hampir sebulan, dengan harapan penggunan dana desa tepat sasaran dan tetap dalam koridor aturan,” terangnya.

Vikar menambahkan,untuk seluruh Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Modayag Barat sudah Hampir sepenuhnya rampung, kami akan terus dorong agar cepat selesai agar bisa mencairkan dana Desa,

“ Pekan depan Insya Allah seluruh Desa yang ada di Kecamatan Modayag Barat sudah bisa mencairkan Dandes karena dokumen atau persyaratan pencairan Dana Desa yang sudah hampir rampung,” tandasnya. (Ndet/Her)

Leave A Reply

Your email address will not be published.