Kapolda Sulut Tegaskan Pengamanan TPS Harus Body Sistem

0

topikbmr.co, KOTAMOBAGU – Kapolda Sulut, Irjen Pol Dr. Remigius Sigid Tri Hardjanto, SIK SH MSi, beserta pejabat utama Polda Sulut mengunjungi Markas Kepolisian Resor (Polres) Kotamobagu, Jumat (15/3/2019).

Kunjungan orang nomor satu Polda Sulut di Polres Kotamobagu ini, dalam rangka mengecek kesiapan personel untuk pengamanan Pemilu Serentak 17 April 2019 mendatang.

Sebelum memberikan arahan, Kapolda Sulut didampingi Kapolres Kotamobagu AKBP Gani Fernando Siahaan, SIK SH MH, terlebih dahulu menyemangati dan bertanya kepada setiap anggota dalam barisan terkait kondisi wilayah jelang pemungutan suara.

Kapolda Sulut dalam arahannya mengingatkan, kepada seluruh personel agar dalam pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti, tidak boleh hanya sendirian.

“Minimal berdua, harus body system. Ini akan berguna pada saat nanti kalian mengamankan TPS untuk mendiskusikan sesuatu dan menilai kondisi yang ada di TPS. Jadi tidak diputuskan sendiri, tetapi ada teman kalian yang disebut dengan body system,” ujar Kapolda.

Kapolda mengingatkan, setiap anggota yang mengamankan TPS harus mengetahui siapa mitra dan teman pada saat pengamanan di TPS nanti.

“Kenali betul-betul, karena bisa saja ada dari teman kalian dari anggota Polsek yang mungkin saat ini belum pernah berdinas bersama atau belum saling kenal. Oleh karena itu, harus segera dikenali. Jadi jangan sampai ada lagi anggota yang melakukan pengamanan TPS sendirian,” pesannya.

Kapolda juga mengatakan, dalam pengamanan nanti, harus mapping atau kenali juga kategori TPS yang akan diamankan. Sebab kata Kapolda, tidak ada lagi kategori TPS yang aman.

“Jadi kategorinya adalah kurang rawan, rawan dan sangat rawan. Bagi anggota yang ditempatkan untuk mengamankan TPS di tempat yang sangat rawan, tingkat kewaspadaannya harus lebih tinggi,” urainya.

“Jadi sekali lagi kenali betul-betul lingkungan di TPS, kenali betul-betul tingkat kerawanan TPS, kenali mitra pengamanan TPS, kenali petugas-petugas TPS, dan diharapkan pada saat pengamanan nanti, mudah-mudahan pelaksanaan pengamanan bisa berjalan dengan lancar,” ucap Kapolda mengakhiri.

(Gufran)

Leave A Reply

Your email address will not be published.