Kotamobagu Daerah Pertama Terapkan Edu Patrol di Indonesia Timur

0

TOPIK KOTAMOBAGU – Terobosan demi terobosan terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam hal pelayanan publik berbasis digital untuk institusi pendidikan melalui aplikasi Edu Patrol (Edukasi Parental Control).

“Untuk aplikasi Edu Patrol kita akan pasang di dua sekolah yakni, SMP 4 Kotamobagu dan SDN 2 Kotamobagu,” kata Kepala Data Center Kotamobagu, Rudy Yuanto Unu, Kamis (20/1/2019).

Melalui aplikasi ini kata Rudy, pengelolaan sekolah dan komunikasi antara sekolah dengan orangtua siswa dapat terfasilitasi dengan baik dalam satu media komunikasi yang berbasis mobile aplikasi, sehingga orang tua siswa dapat melakukan monitoring perkembangan anak di sekolah dengan baik dan mudah.

“Aplikasi edu Patrol juga dapat berfungsi sebagai sarana absensi sehingga orangtua tidak perlu khawatir lagi, apakah anaknya sudah sampai di sekolah atau belum. Begitu juga apakah anaknya sudah pulang dari sekolah atau belum, karena semua dapat terpantau pada aplikasi mobile ini. Selain orang tua, Walikota, Wawali, dinas pendidikan dan kepala sekolah juga bisa mengecek aktifitas guru dan murid,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rudy mengatakan, lewat program ini, nantinya para siswa akan diberikan kartu (Combo Card) yang berfungsi sebagai identitas pelajar, ATM, bayar parkir, pembayaran tap cash hingga debet.

“Pembayaran di kantin sekolah nanti sudah non tunai. Karena kartu pelajar juga sebagai kartu pembayaran di kantin. Pembiayaan program ini mulai dimplementasikan pada pekan depan yang berasal dari CSR BNI 46 Kotamobagu, jadi tidak ada pembiayaan atau anggaran dari pemerintah,” bebernya.

Ditambahkannya, dari seluruh daerah di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur, baru Kota Kotamobagu yang mulai menerapkan aplikasi Edu Patrol ini. “Di seluruh Indonesia Kota Kotamobagu daerah ketiga setelah Bengkulu, Ponorogo dalam penerapan aplikasi ini,” ujarnya. (Guf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.