Boltim

Warga Desa Moonow Pacu Pembangunan Talud 

TOPIKBMR.NEWS,BOLTIM– Pemerintah Desa (Pemdes) Moonow Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terus berupaya mempercepat penyerapan Dana Desa yang bersumber dari APBDes tahap I sebelum lebaran tiba. Salah satunya adalah program pembangunan talud jalan yang berlokasi di dusun 02 RT 04.

Pembangunan talud tersebut bersumber dari Dana Desa yang digulirkan melalui APBDes Desa Moonow TA 2021 sebesar Rp. 104.505.001.24, Masyarakat Desa Moonow mulai melaksanakan kegiatan pembangunan talud jalan tersebut di awal ramadan, dan saat ini sudah mencapai 70%.

Pembangunan talud tersebut menjadi salah satu pengaman tebing lokasi perkuburan.Untuk itu, seluruh masyarakat Desa lebih bersemangat walaupun pekerjaanya bertepatan dibulan Ramadhan.Hal yang sangat membanggakan adalah kerjasama yang baik antara masyarakat setempat dengan pemerintah Desa Moonow untuk menyelesaikan berbagai kegiatan pembangunan di Desa.

Salah satu anggota TPK Desa, Indra Harianto mengatakan, “Warga sangat antusias mewujudkan talud jalan ini dengan pekerjaan dijadwal pagi dan sore. Secara umum pengiriman material berjalan lancar, hanya material pasir plester yang agak lambat karena berbarengan dengan pembangunan infrastruktur di desa lain,” jelas indra saat ditemui dilokasi kegiatan Sabtu,(24/04) sore tadi.

Prioritas penggunaan dana desa di bidang infrastruktur terus dimanfaatkan untuk Pembangunan Desa, salah satunya upaya pencegahan tanah longsor dalam menghadapi musim penghujan melalui pembangunan talud. Pembangunan talud dengan Dengan panjang talud 125 meter dengan ketinggian bervariasi antara lain,panjang 7 meter tinggi 2,5 mtr,panjang 100 tinggi 1,mtr serta panjang 18 mtr tinggi 1,5 mtr,dan jumlah pekerja sekitar 20 orang dan masa pekerjaan sekitar 90 hari.

“Sebenarnya sesuai dengan RAB bangunan talud dengan tinggi 2 meter hanya sepanjang 7 meter, namun ada swadaya dari warga setempat, sehingga panjang dapat mencapai 8 meter. Dengan terlaksana kegiatan ini,diharapkan bagi warga sekitar untuk menjaga serta merawatnya agar fisik yg dibangun bisa bertahan lama pemanfaatnya” pungkas Indra. (Ndet)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top