Wali Kota Lobi Anggaran Pengadaan Fasilitas Lemari Pendingin Jenazah ke Pemerintah Pusat

0

topikbmr.co, KOTAMOBAGU – Gedung baru pemulasaran jenazah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu sudah selesai dibangun sejak tahun 2018. Saat ini gedung tersebut menjadi Posko Postmortem DVI Polda Sulut untuk proses identifikasi korban longsor tambang emas Bakan.

Meski sudah selesai dibangun, gedung pemulasaran jenazah di RSUD Kotamobagu tersebut, belum dilengkapi fasilitas lemari pendingin jenazah.

Melihat kondisi itu, Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, akan terus melakukan upaya untuk melobi anggaran ke pemerintah pusat maupun provinsi terkait pengadaan fasilitas di RSUD Kotamobagu, agar kedepan sudah siap sebagai rumah sakit rujukan di Bolmong Raya, maupun Provinsi Sulut.

“Dengan keterbatasan anggaran ini, kita akan pacu untuk tahun depan, mudah-mudahan kita dapat anggaran dari pusat ataupun provinsi untuk melengkapi fasilitas di kamar pendingin jenazah,” ujar Wali Kota, usai meninjau proses identifikasi korban di Postmortem DVI Polda Sulut, Selasa (5/3/2019) kemarin.

Wali Kota juga mengungkapkan, sampai saat ini seluruh rumah sakit yang berada di Bolaang Mongondow Raya belum ada yang memiliki fasilitas lemari pendingin jenazah.

“Untuk RSUD Kotamobagu bangunannya sudah kita bangun sejak tahun lalu. Dan mudah-mudahan tahun ini sampai tahun depan bisa kita lengkapi. Semoga pemerintah pusat dan provinsi bisa melihat kondisi ini, karena rumah sakit se-Bolmong Raya belum ada fasilitas lemari pendingin untuk jenazah,” ucapnya.

Ditambahkan, untuk ruangan di gedung jenazah sudah representatif dan telah perhitungkan untuk penanganan korban misalnya ada bencana banjir, tanah longsor, kebakaran dan lain-lain.

“Dan ini sudah kita persiapkan lebih besar lagi dari pada yang ada. Jadi untuk rujukan sudah dipersiapkan,” tuturnya.

(Gufran)

Leave A Reply

Your email address will not be published.