Kotamobagu

Tingkatkan Penghasilan Pokdakan, Pemkot Bentuk Koperasi

topikbmr.co, KOTAMOBAGU – Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Kotamobagu terus mendorong terbentuknya koperasi bagi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang bertujuan memfasilitasi sekaligus membantu meningkatkan penghasilan para kelompok tani di Kota Kotamobagu.

Menurut, Sekretaris DPP Kotamobagu, Muhammad Yahya, pembentukan koperasi ini dalam rangka untuk meneruskan bantuan bibit ikan yang akan disalurkan kepada kelompok tani pembudidaya ikan di daerah Kotamobagu.

“Salah satunya yang baru dikukuhkan belum lama ini yakni pengurus Koperasi Produsen Perikanan Sejahtera Indah Bersatu. Nantinya permasalahan yang dihadapi para pembudidaya ikan bisa diatasi dengan keberadaan koperasi ini,” terangnya.

Dijelaskannya, para pembudidaya ikan air tawar dapat bergabung dalam suatu badan usaha yang memiliki legalitas hukum, seperti Koperasi.

“Saat ini usaha budidaya ikan air tawar dilakukan secara individu atau berkelompok yang tidak memiliki kekuatan secara hukum,” jelas Yahya.

Senada, Kepala Bidang Perikanan, Anto Mamonto mengatakan, peran Koperasi sangat penting karena dalam melaksanakan kegiatan ekonomi secara bersama-sama dapat menggalang kekuatan yang lebih besar dan diawasi secara demokratis oleh anggota.

Dengan begitu, dirinya berharap seluruh Stakeholder dan pengurus Koperasi harus saling membantu dan memfasilitasi terkait dalam hal pengembangan usaha budidaya ikan air tawar dan dapat membuat program terobosan terkait dengan budidaya ikan air tawar.

“Kalau koperasinya jalan, tentunya mereka akan mampu mencari solusi untuk menjual hasil bagi pembudidaya ikan, sehingga harga jualnya tidak merugikan pembudidaya ikan,” pungkasnya.

(Gufran)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top