Boltim

TAPM P3MD Boltim Gelar On the Job Training dan In Service Training SIPEDE

TopikBMR. Com

BOLTIM -Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, H.i Ridwan Aras SE,menggelar On the Job Training (OJT) dan In Service Training (IST) Kepada Pendamping Lokal Desa (PLD) diwilayahnya Kecamatan Modayag Barat, Rabu,(30/01/2019) bertempat di Desa Inaton Kecamatan Modayag Barat.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 4 (empat) Pendamping Lokal Desa (PLD) di kecamatan Modayag barat dan Kecamatan Modayag. Ridwan Aras SE, Tenaga Ahli (TA) Pemberdayaan Masyarakat Desa P3MD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur selaku narasumber menjelaskan bahwa.

“kegiatan OJT dan IST SIPEDE ini,merupakan Pemutahiran Data Desa Untuk Disingkronkan dengan indeks desa membangun sebagai langkah awal perencanaan pembangunan desa tahun 2019 ini” terangnya.

Lanjutnya, Sistem Informasi Pembangunan Desa juga dapat memutus kesenjangan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Sistem Informasi Pembangunan Desa yang baik kemudian akan mendorong keterbukaan informasi publik hingga ke level perdesaan.

“Keterbukaan dan transparansi pasca terbitnya UU Desa menjadi sangat penting untuk mencegah penyimpangan penggunaan dana desa oleh perangkatnya” ucapnya.

Dengan OJT dan IST ini diharapkan dalam waktu sepekan kedepan input data realisasi Sapras dan Non Sapras sudah mencapai 100% dengan lengkap dan benar secara kuantitas dan kualitas tutupnya.

Ditempat yang sama melalui pendamping lokal desa (PLD) Frizky Marto S.kep menambahkan bahwa kegiatan OJT dan IST tersebut memang sangat dibutuhkan untuk menunjang dan menambah wawasan baru,terkait soal pemenuhan data di tahun ini tuturnya. (Ndet)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top