Sangadi se Boltim Ikut Bimtek Materi Tentang Hukum

0

 

topikbmr.co,BOLTIM- Kepala Desa (Sangadi) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, mengikuti pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) penanganan dini permasalahan hukum di desa dan peningkatan kemampuan kepemimpinan dan integritas aparatur Desa.

Bimtek yang digelar di Hotel Peninsula Manado ini, resmi dibuka langsung oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar, Kamis (28/03/2019).

Selain bupati, kegiatan itu juga turut dihadiri Sekertaris Daerah Muhammad Assagaf, Asisten II Sony Waroka, Asisten III Djainudin Mokoginta serta Kepala DPMD Boltim Slamet Riyadi Umbola, serta Camat dan Kepala Desa (Sangadi) se-Boltim.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari. Melalui Bimtek seluruh Sangadi di Boltim mendapat materi tentang penanganan dan penyelesaian hukum di Desa,” kata Sehan dalam sambutanya.

Kegiatan tersebut lanjut Sehan, sangat penting karena tentang menangani permasalahan di Desa. Menurutnya, tidak semua persoalan langsung diarahkan ke penegak hukum, jadi tahu bagaimana memecahkan persoalan-persoalan hukum di desa.

“Berbagai persoalan di desa tidak mudah untuk menghadapinya, sehingga perlu dilakukan penguatan bagaimana cara menyelesaikannya. Di pedesaan itu tidak mudah menghadapi permasalahan masyarakat, maka perlu antisipasi lewat penguatan bagaimana menyelesaikan permasalahan,” ujarnya.

“Saya berharap agar seluruh sangadi dapat memanfaatkan Bimtek dengan baik. Karena sangadi harus memiliki kemampuan yang baik. Kemudian menjadi pemimpin itu harus menjadi inisiator motivator dan eksekutor,” jelasnya.

Diketahui, pada kesempatan itu juga Sehan Landjar Bupati dua periode ini juga disematkan sebagai Pembina Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Praktisi Hukum Indonesia Sulut. (Gery)

Leave A Reply

Your email address will not be published.