Pemkot Kotamobagu Gandeng Perbankan Buat UMKM Center

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU — Peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Kotamobagu terus menjadi perhatian dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

Nayatanya, Pemkot telah membentuk UMKM Center Kotamobagu. Pun, dalam pembentukan UMKM Center ini, Pemkot telah menggandeng pihak perbankan yang ada.

Sekretaris Kota Kotamobagu Sande Dodo mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkot Kotamobagu untuk meningkatkan peran dan kualitas UMKM di Kota Kotamobagu, dimana salah satunya melalui pembentukan UMKM Center Kotamobagu.

“Keberadaan UMKM Center Kotamobagu ini menjadi sangat penting dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas UMKM di Kota Kotamobagu, karena dengan adanya UMKM Center ini, maka nantinya akan tersedia database, yang memuat profil dari UMKM, termasuk produk yang dijual oleh setiap pelaku UMKM,” ujarnya saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Edukasi UMKM Center Kotamobagu, Jumat (20/8/2021).

Sementara itu, Asisten II Setda Kotamobagu, Sitti Rafiqah Bora menyampaikan, pemerintah juga menggandeng perbankan dalam pembentukan UMKM Center Kotamobagu.

“Ini semua agar lebih mempermudah para UMKM mendapatkan pinjaman modal usaha atau pembiayaan dalam mengembangkan usahanya,” ujar Mama Fara.

Menurutnya, dengan adanya UMKM Center ini, maka diharapkan seluruh usaha di Kota Kotamobagu akan semakin maju dan berkembang.

“Pembentukan UMKM Center Kota Kotamobagu ini juga mendapat respon yang sangat positif dari pihak perbankan di Kota Kotamobagu. Dimana dengan adanya UMKM Center ini, maka setiap UMKM di Kota Kotamobagu akan terdata dengan baik. Dengan begitu, bisa mempermudah bagi pihak perbankan dalam memberikan bantuan kepada UMKM melalui Program Pemulihan Ekonomi,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas UMKM di Kotamobagu juga akan dilakukan Memorandum of Understanding dengan pihak perbankan, khususnya yang berkaitan dengan pembiayaan bagi para pelaku UMKM di Kota Kotamobagu.

“Perbankan yang hadir pada kegiatan ini semua merespon positif UMKM Center Kota Kotamobagu ini, dan pihak Pebankan menyatakan siap melakukan pendampingan dan pelayanan dalam rangka pengembangan UMKM di Kota Kotamobagu,” tambahnya.

Sosialisasi dan Edukasi UMKM Center Kota Kotamobagu yang dilaksanakan di Aula Kantor Wali Kota Kotamobagu tersebut, dihadiri perwakilan Perbankan, perwakilan UMKM, serta turut dihadiri para pimpinan OPD yang terkait dengan pendampingan dan pelayanan UMKM Center, yaitu, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kotamobagu, DMPTSP dan BKPP Kota Kotamobagu.

(*/Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.