Pemkab Boltim Siapkan 13 Miliar Pembangunan GOR Pacuan Kuda

0

topikbmr.co,BOLTIM- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Pemkab Boltim), menyiapkan anggaran sebesar Rp13 miliar, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD), untuk pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR), Cabang olahraga Pacuan kuda.

Hal itu terungkap pada Agenda Pra Musrenbang Daerah yang di gelar di Lantai III kantor Bupati Boltim kemarin. Ikhsan Pangalima melalui salah satu staff Badan perencanaan dan pembangunan daerah (Bappeda) Boltim membacakan draft usulan. Kata dia, Rp 13 miliar itu terbagi pada dua seumber anggaran.

“bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 10 miliar dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) Kabupaten Boltim sebesar Rp 3 miliar. Itu akan di bangun di Kecamatan Mooat. Ini yang sudah di sosialisasikan Bupati sebelumnya,” katanya.

“Kami sebagai teknis, Ini untuk menindaklanjuti sambutan Bapak Bupati Boltim, Sehan Salim Landjar SH, pada salah satu agenda Pemda,” tambah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Boltim Saprudin Mokoagow.

Menurut Saprudin, saat ini pihaknya sedang mengupayakan mencari lahan untuk pembangunan. karena Lahan untuk pembuatan stadiun yang  dicari seluas 20 Hektare.

“Sudah ada yang ditargetkan namun sedang menunggu pembebasan lahan, itu yang menjadi kendala kami disini. Ada beberapa lahan yang sudah dicek lokasi namun belum cocok. Proposal sudah siap, tinggal menunggu lahan siap selanjutnya meminta petunjuk pimpinan (Bupati),” ujarnya.

“Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Bapak Olly Dondokambey sudah memberikan respon positif. Gubernur sendiri sudah menawarkan dana sejumlah 40 Miliar. Secara desain, anggaran yang dibutuhkan cukup besar namun belum jelas berapa nominalnya, nilai takseran sementara bisa mencapai ratusan miliar,”jelasnya. (Gery)

Leave A Reply

Your email address will not be published.