Pemkab Boltim Lounching Penggunaan Dana Desa Tahun 2021

0

TOPIKBMR.NEWS ,BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD),menggelar kegiatan Launching Penggunaan Dana Desa (DD) sekaligus penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun anggaran 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Seluruh Camat se Kabupaten Boltim, serta perwakilan penerima BLT dari tiap Desa.

Melalui kesempatan itu,Bupati yang diwakili Oleh Asisten II M R Alung, menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati dan Wakil Bupati.

“Sebelum membacakan Sambutan Bupati ini, terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf dan pemakluman, karena sedianya Pak Bupati atau Pak Wabup akan hadir bersama kita di tempat ini, namun karena beliau masih ada tugas lain yang tidak kalah pentingnya, sehingga beliau memberi mandat kepada Saya untuk hadir pada kegiatan ini,” kata Asisten II di BPU Tutuyan Kamis,(22/04)pagi tadi.

Lebih lanjut Asisten II, Dana Desa merupakan sumber Dana yang sangat membantu Desa baik Dalam hal pengembangan potensi Desa,Ekonomi Serta pengentasan kemiskinan di tingkat Desa.

Di tahun 2021, prioritas penggunaan Dana Desa harus disesuaikan dengan Permendes Nomor 13 tahun 2020, yaitu program dan kegiatan untuk percepatan pencapaian SDGs Desa, baik dalam program pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, revitalisasi Bumdes dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Prioritas lainnya berhubungan dengan Covid-19. Yakni dengan adanya alokasi sebesar 8 persen dari total Dana Desa yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19, termasuk didalamnya alokasi BLT bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak langsung maupun tidak langsung oleh pandemi ini,” tandas Asisten II.

Hadir pada kegiatan tersebut yakni Asisten I Priyamos, Kepala Dinas PMD, Staf Ahli Bupati, serta Seluruh Camat se-Boltim.

Leave A Reply

Your email address will not be published.