Kotamobagu

Paripurna HUT ke-12 Kotamobagu, Wali Kota Bacakan Capaian dan Peningkatan Pembangunan Daerah

topikbmr.co, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, menghadiri rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati HUT ke-12 Kota Kotamobagu yang digelar DPRD Kotamobagu, Kamis (23/5/2019).

Rapat paripurna tersebut, dipimpin Wakil Ketua DPRD Kotamobagu, Djelantik Mokodompit dan dihadiri Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat Provinsi Sulut mewakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Wali Kota Kotamobagu dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kotamobagu mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan di rapat paripurna HUT ke-12 Kota Kotamobagu.

“Juga ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan wakil Gubernur, Steven Kandouw diwakili kepala dinas pemukiman dan perumahan rakyat, Ir JE Kenap, yang telah berkenan bersama-sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat Kotamobagu merayakan hari ulang tahun Kotamobagu yang ke-12,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam kurun waktu 12 tahun sejak terbentuknya Kota Kotamobagu sebagai daerah otonomi baru di Provinsi Sulawesi Utara, berdasarkan Undang-undang nomor 4 tahun 2007, tertanggal 23 Mei 2007 lalu, Kota Kotamobagu telah melahirkan pemimpin-pemimpin yang telah meletakkan dasar-dasar pelaksanaan pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan daerah dalam pengabdian yang sebaik-baiknya.

“Oleh karena itu, melalui kesempatan ini saya dan masyarakat kotamobagu memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Siswa Rahmat Mokodongan, bapak Djelantik Mokodompit dan bapak Muhammad Rudy Mokoginta, yang telah memberikan pengabdian yang sebaik-baiknya, baik dalam pembangunan daerah serta kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Wali Kota juga menjelaskan, meskipun terhitung relatif sangat muda untuk ukuran sebagai sebuah daerah Kotamadya, namun Alhamdulillah berbagai aspek pembangunan yang dilaksanakan di Kotamobagu mulai dari pertumbuhan ekonomi, peningkatan pendapatan daerah, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran serta peningkatan indeks pembangunan manusia hingga pembangunan berbagai sarana dan prasarana terus mengalami peningkatan dan perkembangan yang cukup pesat.

“Perkembangan dan peningkatan tersebut dapat terlihat dari data capaian yang diraih pemerintah Kotamobagu dalam 12 tahun terakhir. Dimana berdasarkan dari data terakhir yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik, pendatapan domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga konstan, Kotamobagu menyentuh harga Rp2.113.264,60. Sementara itu, untuk harga pendapatan domestik regional bruto atas harga berlaku Kota Kotamobagu tercatat pada angka Rp2.933.218,20.” jelasnya.

Sementara itu, dari aspek pembangunan manusia, Kotamobagu juga mendapatkan capaian yang sangat menggembirakan. Dimana berdasarkan indeks pembangunan manusia, indeks pendapatan dan pengeluaran terhadap pembangunan manusia, berada pada angka 72,25 persen.

“Dengan adanya ketersediaan sarana dan prasarana di Kotamobagu, baik sarana transportasi, ketersediaan air bersih, jaringan komunikasi, perhotelan, rumah sakit, SPBU, sarana pendidikan serta didukung adanya pasokan energi listrik dengan kapasitas pembangkit yang cukup besar, juga telah menjadikan kotamobagu sebagai daerah yang menarik serta memiliki tumpuan investasi yang sangat menjanjikan, yang dalam hal ini dapat dilihat dengan terus bertambahnya investor yang berinvestasi di Kota Kotamobagu,” terangya.

(Gufran)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top